Bukan Takjub, Lin Jarvis Malah Ogah Punya 8 Motor Seperti Ducati

ADVERTISEMENT

Bukan Takjub, Lin Jarvis Malah Ogah Punya 8 Motor Seperti Ducati

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 09 Des 2022 21:03 WIB
BARCELONA, SPAIN - SEPTEMBER 26: Lin Jarvis of Britain and Monster Energy Yamaha MotoGP Team  speaks during the
Lin Jarvis ogah Yamaha turunkan 8 motor Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Ducati bakal superior dengan 8 motor di lintasan MotoGP musim depan. Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis justru tidak ingin mengikuti jejak pabrikan Borgo Panigale itu.

Kondisi Ducati dengan Yamaha bak langit dan bumi. Ducati melimpah dengan 8 motor, Yamaha justru jadi tim paling seret dengan hanya menurunkan dua motor.

Pabrikan berlambang Garpu Tala itu pertama kalinya dalam sejarah MotoGP tidak punya tim satelit. Musim depan, Lin Jarvis hanya mengandalkan Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli, setelah RNF memilih berada di Aprilia.

"Tahun depan tidak diuntungkan karena cuma punya dua sepeda motor," keluh Lin Jarvis dikutip Motosan.es, Jumat (9/12/2022).

Lin Jarvis tidak menampik kalau 8 motor di lintasan bisa memudahkan dalam pengumpulan data. Apalagi jika pebalapnya top, Ducati makin di atas angin.

"Ducati bisa lebih banyak mengumpulkan data. Tidak hanya soal 8 motornya di lintasan, tapi juga lima atau enam pebalapnya sangat cepat. Mereka sangat cepat."

"Semua Ketersediaan data ini, yang dapat menguji semua ban, dapat melihat semuanya dan kemudian mengevaluasinya, tidak diragukan lagi merupakan keuntungan," jelas Lin Jarvis.

Tapi bagi Lin Jarvis, delapan motor itu terlalu kebanyakan, bukannya diuntungkan malah jadi beban dalam jangka panjang.

"Kami tidak ingin punya 8 motor karena itu malah jadi beban. Di satu sisi memberi keuntungan, tapi juga menjadi beban untuk menjaga 8 motor itu. Jadi menurut kami empat motor sangat optimal," kata dia.

Lin Jarvis merupakan sosok berpengalaman menangani Yamaha, dia sudah menjadi kepala Departemen Balap Garpu Tala sejak 1999. Sebanyak 8 gelar juara dunia MotoGP pernah dia rasakan dengan tiga pebalap berbeda; Jorge Lorenzo (3 kali), Valentino Rossi (4 kali), dan Fabio Quartararo (1 kali). Dan musim depan pertama kalinya Yamaha tanpa tim satelit.

"Ini memalukan sih tahun depan kita nggak punya empat motor. Tapi kita harap di masa depan, secepatnya, kami kembali dengan tim satelit lagi," jelas Lin Jarvis.



Simak Video "Siapin Tabungan! Ini Bocoran Jadwal MotoGP Mandalika 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT