Jadwal MotoGP 2023 Diprotes Keras: 21 Seri Terlalu Berlebihan!

ADVERTISEMENT

Jadwal MotoGP 2023 Diprotes Keras: 21 Seri Terlalu Berlebihan!

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 06 Des 2022 18:07 WIB
MotoGP Mandalika 2022
MotoGP Mandalika Foto: Kemenparekraf
Jakarta -

Jadwal MotoGP 2023 semakin padat, pebalap bakal melakoni 21 seri sepanjang tahun. Jumlah balapan itu lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya, yang dinilai bisa bikin lelah para rider.

Musim 2022 balapan digelar sebanyak 20 kali, tahun depan jumlahnya naik jadi 21 seri. Keputusan Dorna Sports menambah rangkaian balapan direspon negatif CEO Pierer Mobilty AG dan KTM AG, Hubertz Trunkenpolz.

"Kami tidak membutuhkan tiga balapan di Spanyol, dan empat race di Asia itu terlalu berlebihan," buka Hubertz dikutip dari Speedweek, Selasa (6/12/2022).

Menurutnya balapan lebih ideal jika hanya dilakukan satu kali per negara. Jadi tidak perlu double atau bahkan tiga kali balapan, misal di Spanyol digelar di Circuito de Jerez-Angel Nieto, Catalunya Barcelona, dan Ricardo Tormo, dan balapan di Italia; Aitodromo del Mugello dan Misano World.

"Seharusnya hanya ada satu acara MotoGP per negara, tidak perlu ada dua di Italia. Kami lebih suka tiga kali balapan di Amerika Selatan, karena dengan begitu balapan di Eropa bakal disiarkan pada waktu terbaik, yakni di malam hari," jelasnya.

Sementara itu ada nama-nama sirkuit baru dalam kalender sementara MotoGP 2023. Pertama, MotoGP Kazakhstan akan dihelat di Sokol International Racetrack, pada 7-9 Juli 2023. Lalu venue baru gelaran MotoGP dihelat di Budd International Circuit India. Sirkuit yang pernah dipakai ajang balap F1 itu dijadwalkan bakal dipakai menggeber motor pada 22-24 September 2023.

Dua tempat baru ini bak langit dan bumi bagi Trunkenpolz. Dia hanya setuju India jadi tuan rumah karena potensi pasarnya.

"Idealnya hanya 18 balapan, 20 sudah maksimum. Kazakhstan adalah omong kosong bagi kami. India adalah pasar sepeda motor terbesar, jadi setidaknya patut dipertimbangkan," kata dia.

CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta menanggapi perubahan jadwal MotoGP 2023. Dia bilang situasi bisnisnya berubah sebelum COVID-19 merajalela.

"Kami berada dalam kompetisi dengan olahraga lain, dan kami harus melakukan penyesuaian dalam menyusunnya (kalender MotoGP 2023)," kata Ezpeleta.

"Balapan tambahan menuntut kami memulai balapan lebih awal dan menutupnya lebih lama jika dibandingkan dengan masa sebelum COVID-19 yang hanya digelar 19 seri," tambahnya.

Sejak krisis Covid, pendapatan Dorna diacak-acak, seri MotoGP Kazakhstan dan India diambil lantaran kedua negara membayar tarif yang lebih tinggi daripada kebanyakan balapan di Eropa.

"Kami kehilangan uang dalam balapan di Eropa, kami harus menjelaskannya untuk tim dan pabrikan," kata dia.

Ezpeleta juga menjelaskan kenapa jadwal MotoGP 2023 agak berantakan dari tahun sebelumnya. Sekarang ada libur tiga pekan pada Mei, lalu jeda dua minggu di akhir September. Dorna menghindari jadwal yang bertabrakan dengan Formula 1.

"Setelah kesalahan tahun 2022, ketika GP Mugello berlangsung pada hari yang sama dengan Formula 1 di Monte Carlo, penyelenggara tidak lagi menginginkan tumpang tindih dengan Formula 1," kata Ezpeleta.

"Namun sayangnya, tiga balapan F1 akan berlangsung berturut-turut pada bulan Mei... Itu sebabnya kami harus memindahkan GP Mugello ke akhir pekan pertama bulan Juni. Dan GP Catalunya melewatinya pada bulan September," kata dia.

Sebagai informasi, MotoGP 2023 akan dilangsungkan selama 21 seri dengan tambahan seri India dan Kazakhstan. Kalau musim-musim sebelumnya setiap seri MotoGP hanya berlangsung satu sesi race atau balapan, maka pada 2023 jumlahnya jadi dua race, termasuk Sprint Race di hari Sabtu. Maka total pebalap akan melakoni 42 balapan.

"Secara pribadi, saya juga bisa hidup dengan baik dengan 15 seri. Tapi kami harus memperluas dan memperpanjang musim. Karena minat terhadap MotoGP telah tumbuh kuat. Arab Saudi juga menginginkan untuk menggelar MotoGP," tambah Ezpeleta.



Simak Video "Siapin Tabungan! Ini Bocoran Jadwal MotoGP Mandalika 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT