'Dipaksa' Pindah dari Ducati ke Yamaha, Begini Tanggapan Tim Balap Valentino Rossi

ADVERTISEMENT

'Dipaksa' Pindah dari Ducati ke Yamaha, Begini Tanggapan Tim Balap Valentino Rossi

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 06 Des 2022 12:04 WIB
Tim balap Moto2 dan MotoGP Mooney VR46 resmi diluncurkan
Tim balap Valentino Rossi 'dipaksa' pindah dari Ducati ke Yamaha oleh Presiden FIM Jorge Viegas. Foto: Instagram @vr46racingteam
Jakarta -

Presiden FIM Jorge Viegas melontarkan wacana untuk menarik tim balap Valentino Rossi (VR46 Racing Team) dari Ducati ke Yamaha pada 2024 mendatang. Wacana itu pun mendapat respons dari tim balap Mooney VR46 Racing Team.

Sebelumnya Viegas menilai kompetisi MotoGP bakal kurang kompetitif jika Yamaha hanya memiliki dua pebalap di trek. Oleh sebab itu Yamaha harus kembali diperkuat oleh pebalap tambahan dari tim satelit. Pada 2023 Yamaha hanya memiliki dua pebalap usai RNF Racing Team memutus kerja sama dan beralih ke Aprilia.

"Ini bukan situasi yang baik (bagi Yamaha), tapi itu hanya untuk tahun ini, pada tahun 2024 tim balap Rossi, Mooney VR46, bisa beralih dari Ducati ke Yamaha," kata Viegas dikutip dari Motosan.

Ucapan Viegas itu langsung mendapatkan tanggapan dari manajer tim Mooney VR46 Racing Team, Uccio Salucci. Menurut Salucci, perkataan Viegas seperti sebuah bom yang dijatuhkan.

"Ini adalah kisah yang tidak pernah berakhir. Sebelumnya mereka mengatakan bahwa kami akan jadi tim satelit Yamaha pada 2023 dan sekarang mereka telah menundanya hingga 2024. Saya tidak tahu mengapa Viegas menjatuhkan 'bom' ini. Kami tidak tahu apa-apa tentang itu," tegas Salucci.

Salucci sendiri mengatakan bahwa Mooney VR46 Racing Team tidak memiliki sedikit pun rencana untuk pindah partner dari tim Ducati ke Yamaha. Mereka ingin menghormati kontrak yang sudah diteken bersama Ducati hingga akhir 2024. Malah ada opsi perpanjangan kontrak selama dua tahun lagi.

"Kami memiliki kontrak tiga tahun dengan Ducati yang akan berakhir pada tahun 2024, dengan kemungkinan untuk memperbaruinya selama dua tahun lagi. Kami pasti akan menghormatinya dan nanti kita lihat apa yang terjadi di tahun 2025," tambah Salucci.

Selain karena menghormati kontrak, alasan Mooney VR46 Racing Team ingin awet hubungan dengan Ducati adalah karena mereka merasa motor MotoGP Desmosedici sangat cocok dengan para pebalapnya.

"Hubungan kami dengan Ducati terjalin baik, motornya pun melaju kencang, dan Luca Marini maupun Marco Bezzecchi senang (mengendarainya). Bagi kami yang terpenting adalah memiliki motor yang kompetitif," tukasnya.



Simak Video "Ada Nomor #63 dalam Nomor Balap #1 Bagnaia"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT