ADVERTISEMENT

Sirkuit Formula E Ancol Dipakai Buat Street Race? Ini yang Bakal Terjadi

Dina Rayanti - detikOto
Selasa, 12 Jul 2022 19:36 WIB
Foto udara lintasan Sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) yang telah diaspal di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu(13/4/2022). Pengaspalan Sirkuit Formula E sepanjang 2,4 kilometer dinyatakan telah rampung seluruhnya dan untuk penggunaannya tinggal menunggu persetujuan kelayakan dari Formula E Operation (FEO). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.
Sirkuit Ancol diperuntukkan bagi balap mobil, kalau dipaksa buat balap motor ini yang bakal terjadi.Foto: Antara FotoMuhammad Adimaja
Jakarta -

Belum lama ini, sempat muncul wacana untuk menggelar Street Race di Sirkuit Ancol. Sirkuit Ancol yang dimaksud adalah Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC). Harapan menggelar street race di Sirkuit Ancol tersebut sempat dilontarkan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Muhammad Fadil Imran.

Sayangnya gayung tak bersambut. Event Strategic Planning Director and Event Director Jakarta E-Prix Formula E Operations Ltd Gemma Roura Serra dalam keterangannya resminya menjelaskan beberapa mengapa Sirkuit Ancol tidak diperkenankan untuk digunakan menggelar balapan Formula E.

Perlu diketahui, sirkuit Ancol mendapatkan homologasi grade 3 dari FIA. Ini berarti sirkuit Ancol hanya cocok digunakan untuk balapan Formula E ataupun balap mobil dengan spesifikasi lebih rendah sekelas touring atau GT3.

Gemma juga menegaskan bahwa Sirkuit Ancol memang tidak didesain untuk balapan motor. Ia juga meminta agar Jakpro tidak memberikan izin untuk menyelenggarakan balap motor karena sangat berbahaya. Bila hal itu dilanggar, reputasi FIA, FEO, Jakpro, dan IMI jadi taruhannya.

Di sisi lain, ada juga kemungkinan untuk menarik kembali sertifikasi sirkuit yang dirilis FIA bila sirkuit tidak lagi memenuhi persyaratan. Jakpro juga diminta untuk membuat aturan serta SOP untuk sirkuit Ancol. Harapannya kualitas dan keamanan di sirkuti bisa terus terjaga.

"Kami di FEO akan sangat senang memberikan bantuan guna memastikan semua standar tersebut bisa terpenuhi," tulis Gemma.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana Formula E Jakarta Ahmad Sahroni juga menyampaikan hal serupa. Sahroni menegaskan bahwa sirkuit Ancol memang khusus diperuntukkan menggelar balapan mobil. Meski begitu, Sahroni tak menutup kemungkinan bila sirkuit Ancol dipaksa menggelar street race meski dihantui banyak risiko.

"Sekali lagi kalau mau di modifikasi bisa bisa saja, tapi akan merusak apa yang sudah di berikan sertifikat khusus untuk Roda 4 saja bukan untuk Roda 2 apapun jenis Balapannya," tegas Roni ketika dikonfirmasi detikcom, Selasa (12/7/2022).



Simak Video "Jalan Kemayoran Ditutup Jelang Gelaran Street Race"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT