Rencana Balap Liar Resmi Digelar di Sirkuit Formula E, Pupus!

ADVERTISEMENT

Rencana Balap Liar Resmi Digelar di Sirkuit Formula E, Pupus!

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 25 Jun 2022 19:34 WIB
Setelah berhasil digelar di Ancol Jakarta Utara dan BSD Tangerang, balap liar resmi kembali digelar di Cikarang, Jawa Barat.
Ilustrasi Street Race Foto: doc. Fastron Enduro Street Race
Jakarta -

Beberapa waktu lalu muncul gagasan untuk bisa ikut menggelar street race atau balap liar resmi di sirkuit Formula E Ancol, Jakarta Utara. Kini Kini bisa dipastikan gagasan tersebut tinggal rencana, karena street race tidak diizinkan untuk digelar di Sirkuit Formula E.

Sebelumnya diberitakan, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Muhammad Fadil Imran mengungkapkan, Sirkuit Ancol punya posisi strategis bagi pebalap Jakarta. Maka dari itu, rencananya ajang street race atau balapan jalanan bisa saja digelar di Sirkuit Formula E.

"Kami berencana menggelar street race secara kontinu dan berkelanjutan sehingga bisa menjadi wadah bagi para pembalap liar untuk bisa menuangkan hobi mereka," kata Imran beberapa waktu lalu.

"Di BSD ada lokasi, di Bekasi ada Meikarta, di Jakarta ada Ancol. Mudah-mudahan nanti mimpi saya yang di Ancol, yang kemarin Formula E bisa juga dipakai untuk street race," ujarnya.

Setelah berhasil digelar di Ancol Jakarta Utara dan BSD Tangerang, balap liar resmi kembali digelar di Cikarang, Jawa Barat.Ilustrasi balap liar resmi yang digelar di Cikarang, Jawa Barat. Foto: doc. Fastron Enduro Street Race

Namun, panitia Formula E mengatakan kemungkinan besar tidak akan memberi izin apabila sirkuit tersebut dipakai untuk menggelar street race, terlebih untuk balapan sepeda motor.

"Untuk roda dua kemungkinan tidak kita berikan fasilitasnya karena sudah ada penilaian dari FIA bahwa sirkuit itu hanya untuk kendaraan roda empat," kata Ketua Pelaksana Formula E, Ahmad Sahroni dilansir detikNews.

Sahroni menjelaskan, Sirkuit Formula E hanya diperuntukkan untuk balapan kendaraan roda empat saja. Hal itu mengacu dalam regulasi otomotif dunia atau FIA. Meski begitu, Sekjen IMI itu tetap mengapresiasi keinginan Irjen Fadil dalam mengakomodir hobi masyarakat.

"Sebenarnya kita appreciate juga terhadap Kapolda yang ingin juga memberikan kesempatan kepada roda dua. Tapi ini ada regulasi dari homologasi FIA, ada grade 3, yang memang itu sirkuit untuk kendaraan roda empat. Jadi kita tidak berlakukan roda dua untuk sirkuit tersebut," papar Sahroni.

Lebih lanjut, Sahroni memastikan jika bakal ada balapan mobil lagi setelah Formula E sukses digelar. Rencananya, agenda pertama balapan di Sirkuit Formula E diselenggarakan oleh IMI.

"Pelaksanaan balap mobil mungkin kita akan realisasikan, nanti ada kegiatan dengan IMI. Tapi, untuk roda dua kemungkinan tidak kita berikan fasilitasnya karena sudah ada penilaian dari FIA bahwa sirkuit itu hanya untuk kendaraan roda empat," pungkas Sahroni.



Simak Video "Gas! 330 Joki Balap Liar Siap Unjuk Gigi di Street Race Ancol"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT