Jakarta Punya Street Race Resmi, IMI Akan Bawa ke Kota Lain?

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 14 Jan 2022 21:18 WIB
Balap Liar di Jalur Akses Tol Setono, Kota Pekalongan, Jumat (31/12/2021).
Ilustrasi balap liar di jalanan Kota Pekalongan Foto: Tangkapan layar video viral
Jakarta -

Gelaran Street Race Ancol akan digelar pada Minggu (16/1/22) mendatang. 'Balap liar' resmi yang digagas oleh Polda Metro Jaya, IMI Pusat, IMI DKI Jakarta, dan pengelola Pembangunan Jaya Ancol, saat ini baru fokus untuk digelar di Jakarta.

Sekertaris Jenderal (Sekjen) PP IMI, Ahmad Sahroni, mengatakan ide street race ini sangat brilian. Menurutnya, bukan tidak mungkin event seperti ini digarap di wilayah lain. Namun, saat ini fokus mereka ada di Jakarta.

"Sementara kita coba di Jakarta, setelah itu baru di wilayah lain," papar Ahmad Sahroni kepada detikOto pada Kamis (13/1/22) silam.

Hal senada juga sempat diutarakan oleh Kapolda Metro Jaya. Menurutnya, ajang street race ini akan dikembangkan di luar Ancol.

"Doakan kami, di bulan Januari, role model street race yang sudah ditransformasi. Nanti akan kita kembangkan ke jajaran Polda lainnya di jajaran Polres penyangga. Jadi bukan hanya di Ancol, tapi juga di luar Ancol," kata Irjen Fadil dalam acara Rilis Akhir Tahun Polda Metro Jaya 2021, Kamis (30/12/2021).

Pada gelaran perdana Street Race Ancol ini, akan ada berbagai kelas drag race yang diperlombakan, yakni Bebek 2 Tak, Bebek 4 Tak, Sport 2 Tak, Sport 4 Tak, Matik 4 Tak, Vespa 2 Tak, FFA, dan Sunmori (ban besar, lampu menyala).

Menariknya, untuk mengikuti ajang Street Race Ancol ini calon peserta dapat mendaftarkan diri secara online melalui platform yang bekerjasama dengan panitia. Biaya pendaftarannya cukup terjangkau, namun peserta diwajibkan untuk menggunakan perlengkapan berkendara yang memenuhi standar balapan.

"Peserta balap Street Race dibatasi 350 pembalap. Pendaftaran dilakukan secara online melalui Loket.com atau aplikasi Gojek dengan masuk ke Gotix. Biaya pendaftaran Rp 100 ribu, termasuk tiket masuk Ancol dan asuransi balap. Seluruh peserta balap diwajibkan memakai safety device seperti helm full face, baju balap, sarung tangan, hingga sepatu balap," ujar Ketua IMI Bambang Soesatyo dalam keterangan, Kamis (13/1/2021).



Simak Video "Gas! 330 Joki Balap Liar Siap Unjuk Gigi di Street Race Ancol"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)