ADVERTISEMENT

Pol Espargaro Absen di MotoGP Belanda: Nafas dan Berjalan Pun Susah

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 26 Jun 2022 09:45 WIB
Honda Spanish rider Pol Espargaro gets ready in the box before the third practice session of the MotoGP Portuguese Grand Prix at the Algarve International Circuit in Portimao on April 23, 2022. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)
Pol Espargaro Foto: AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA
Jakarta -

Pol Espargaro absen dari MotoGP Belanda 2022. Pebalap Repsol Honda itu mengalami cedera tulang rusuk yang membuatnya kesulitan bernapas dan berjalan.

Cedera Pol Espargaro didapat saat melakoni free practice atau latihan bebas pertama di Sirkuit Sachsenring. Dia terjatuh dua kali!

Usai insiden tersebut, Pol Espargaro mengakui sempat balapan di MotoGP Jerman dengan bantuan obat-obatan.

"Di Sachsenring, saya merasakan sakit yang luar biasa, tetapi saya bisa mengendarainya dengan obat penghilang rasa sakit dan beberapa anti inflamasi. Maksud saya, sangat sulit untuk dikendarai, tapi tidak apa-apa. Setidaknya, saya bisa mengendarainya," ujar Pol Espargaro dalam situs MotoGP dikutip Minggu (26/6/2022).

Pada akhirnya Pol Espargaro pun pulang dari MotoGP Jerman dengan tangan kosong. Dia tak tahan dengan rasa sakit esktrem yang dialaminya. Hal ini kembali terjadi saat melakoni sesi latihan bebas di MotoGP Belanda.

"Di sini, setelah kami memakai ban baru, saya merasa ada sesuatu yang tidak berjalan dengan baik. Dan saat saya kembali ke pit, saya kesulitan bernapas. Ada sesuatu di tubuhku. tulang rusuk yang tidak memungkinkan saya untuk bernafas," jelas Pol Espargaro.

"Pagi ini saya berjuang bahkan untuk berjalan, jadi bayangkan ikut turun di MotoGP. Saya merasa sangat kasihan pada tim tetapi saya perlu memeriksa ini secara mendalam karena tidak normal untuk memiliki rasa sakit sebesar itu. Jadi ya, saya tidak bisa," ungkap dia.

Team Manager Repsol Honda, Alberto Puig kini pusing tujuh keliling. Dia bilang tak memaksakan keadaaan Pol Espargaro untuk lanjut balapan.

"Dia sangat kesakitan. Kemarin di sesi hujan pagi, dia merasa cukup baik karena saat Anda balapan dalam hujan, itu jauh lebih mulus. FP2, treknya kering, dan dia harus mendorong, dia masuk satu kali. waktu dan dia benar-benar terhalang, dia bahkan tidak bisa bernapas, saya berasumsi itu adalah sesuatu di tulang rusuk. Saya tidak berpikir itu hanya ligamen."

"Saya pikir itu adalah sesuatu di tulang rusuk yang menekan paru-paru karena Pol sangat pria kuat dan dia tidak akan menghentikan balapan hanya karena (hal sepele). Kami tidak bisa menempatkan seorang pria di atas motor jika dia tidak bisa bernapas. Kami semua dengan suara bulat memutuskan untuk tidak melakukannya," ujar Puig.

Honda tengah krisis pebalap, dua rider utamanya tidak tampil di MotoGP Belanda. Mundurnya Espargaro berarti bahwa Stefan Bradl akan menjadi satu-satunya perwakilan dari pihak pabrikan Honda akhir pekan ini.



Simak Video "Repsol Honda: Segalanya Berubah Sejak MotoGP Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT