Jokowi soal Sirkuit Ancol usai Formula E: Kalau Bisa Setiap Minggu Ada Event

ADVERTISEMENT

Jokowi soal Sirkuit Ancol usai Formula E: Kalau Bisa Setiap Minggu Ada Event

Dina Rayanti - detikOto
Senin, 06 Jun 2022 15:18 WIB
Presiden Jokowi menonton Formula E di Jakarta International E- Prix Circuit. Momen akrab pun terlihat antara Presiden Jokowi dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menonton balapan.
Jokowi berharap Sirkuit Ancol tak hanya menggelar Formula E Jakarta dan bisa digunakan event balap setiap minggu. (Foto: Pradita Utama/detikOto)
Jakarta -

Jakarta International E-Prix Circuit atau lebih sering disebut Sirkuit Ancol sengaja dibangun untuk balapan Formula E. Maka dari itu, tak sedikit yang mempertanyakan nasib sirkuit ke depan usai gelaran Formula E Jakarta rampung dilaksanakan.

Presiden Joko Widodo yang turut hadir menonton para pebalap mobil listrik berlaga, berharap agar Sirkuit Ancol ke depannya bisa menggelar balapan lain selain Formula E.

"Ya lebih baik kalau sebuah sirkuit makin banyak eventnya makin produktif dan baik. Kalau bisa setiap minggu ada terus eventnya akan semakin produktif dan baik kalau bisa setiap tahun 10 kali, 15 kali lebih baik," ungkap Jokowi dalam tayangan video Youtube Sekretariat Presiden, dilihat Senin (6/6/2022).

Di sisi lain, Jokowi mengapresiasi balapan Formula E di Jakarta. Baginya balapan mobil listrik juga sesuai dengan misi Indonesia dalam membangun ekosistem kendaraan listrik dalam negeri.

"Saya kira ini event masa depan karena kita tahu nanti akan ada pergeseran dari mobil yang sekarang menjadi banyak memakai mobil listrik. Ini menjadi tonton yang ke depan menjadi akan semakin digemari," jelasnya lagi.

Meski banyak drama di belakangnya, nyatanya perhelatan perdana cukup sukses menyedot perhatian banyak warga Jakarta. 22.000 tiket nonton langsung di sirkuit ludes terjual. Event tersebut juga dihadiri banyak tokoh politik nasional. Formula E Jakarta juga menjadi topik perbincangan hangat di lini sosial media.

Di kesempatan yang sama Jokowi juga menampik tudingan pemerintah tak memberikan dukungan lantaran BUMN absen menjadi sponsor. Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, pemerintah sangat mendukung perhelatan Formula E Jakarta layaknya event dunia lainnya.

"Saya kira mulai dari pembangunan sirkuitnya saya juga turun untuk melihat kesiapan kemudian juga semua yang berkaitan dengan barang-barang masuk diajukan ke Kementerian Keuangan kemudian juga Menparekraf izin-izin dikeluarkan, itu bentuk dukungan," beber Jokowi.



Simak Video "Jokowi Keliling Malioboro, Sapa Warga dan Bagi-bagi Amplop"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT