Selesai Formula E, Sirkuit Ancol Mau Diapain?

ADVERTISEMENT

Selesai Formula E, Sirkuit Ancol Mau Diapain?

Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 05 Jun 2022 11:16 WIB
Persiapan jelang balapan Formula E
Jakarta International E-Prix Circuit sukses menggelar Formula E. Selanjutnya IMI akan memanfaatkan sirkuit ini untuk kegiatan balap lainnya. (Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

Kejuaraan balap mobil listrik dunia Formula E sukses terselenggara di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di kawasan Ancol, Jakarta. Lalu selesai Formula E, sirkuit anyar ini bakal dipakai untuk apa?

Ahmad Sahroni selaku ketua pelaksana Formula E Jakarta buka-bukaan kepada detikOto. Menurutnya, sejumlah acara sudah siap untuk diselenggarakan di sirkuit ini.

"Ada kegiatan dan banyak kegiatan dari IMI. Soalnya IMI banyak event di motor dua roda, jadi mungkin akan banyak diisi dengan kegiatan motor-motor. Ya motor kecil," ujar Ahmad Sahroni belum lama ini.

Sahroni yang juga seorang pebalap mengatakan bukan tidak mungkin sirkuit sepanjang 2,4 km ini digunakan untuk kejuaraan balap mobil.

"(Dipakai untuk balap mobil) Bisa. Mobil-mobil kecil, mobil-mobil ISSOM itu yah. (Honda) Jazz-Jazz itu lebih seru," lanjutnya.

Selain itu, tentu sirkuit yang sudah lolos homologasi FIA untuk menggelar ajang Formula E ini menjadi aset berharga bagi para pebalap Indonesia.

"Ini adalah suatu aset baru bagi DKI Jakarta. Kita mempunyai sirkuit yang standar internasional, homologasi FIA, grade 3. Kalau kita flashback saat ini, Indonesia tidak ada sirkuit yang berlisensi FIA. Nah, nanti sirkuit (Ancol) ini akan menjadi mulailah kita memiliki sirkuit yang berlisensi (FIA) kembali," ungkap Vice President Infrastructure and General Affairs Organizing Committee Jakarta ePrix 2022 Irawan Sucahyono.

"Tentunya (sirkuit) ini bisa dimanfaatkan pebalap-pebalap Indonesia, oleh penduduk Indonesia, Jakarta khususnya. Menjadi salah satu sarana olahraga yang sangat-sangat berharga," lanjutnya.

Perlu diketahui, sirkuit ini berlokasi di kawasan Pantai Karnaval Ancol. Tepatnya berada di sisi selatan Ancol Beach City (ABC) Mall.

Sirkuit yang dibangun dengan memanfaatkan jalanan yang sudah ada ini memiliki bentuk seperti kuda lumping.



Simak Video "Ahmad Sahroni Buka-bukaan Nasib Sirkuit Ancol Usai Formula E"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT