Arrivederci! Leganya Rossi Selesaikan Tes Terakhirnya di MotoGP

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Kamis, 23 Sep 2021 19:46 WIB
Italian rider Valentino Rossi attends a news conference ahead of the MotoGP motorcycle race Grand Prix of Styria at the Red Bull Ring in Spielberg, Austria, Thursday, Aug. 5, 2021. Rossi announced his retirement as an active MotoGP rider at the end of the 2021 race season. (AP Photo/Gerhard Schiel)
Valentino Rossi di sesi konferensi pers MotoGP Austria 2021 (AP/Gerhard Schiel)
Jakarta -

Cuaca cerah di Sirkuit Misano serasa memberi penghormatan terakhir bagi 'The Doctor' yang harus menyelesaikan tes terakhirnya di MotoGP. Meski tidak mencatat waktu yang baik, Rossi akhirnya menyelesaikan tes terakhirnya sebelum pensiun pada akhir musim ini.

Dilansir dari Crash, ternyata Rossi tidak merasa sedih ataupun melankolis setelah menyelesaikan tes terakhirnya di MotoGP. Pebalap berusia 42 tahun ini justru merasa lega dan cukup senang karena tidak harus melakukan tes lagi kedepannya.

"Ini adalah tes terakhir jadi ini adalah momen penting, tapi jujur saya tidak akan merindukan tes MotoGP di masa depan!," papar Rossi.

"Karena (tes) itu selalu sulit, kerja keras secara fisik dan mental. Dan itu sulit. Itu bagian yang sulit dari pekerjaan kami. Saya lebih suka turun balapan akhir pekan!," lanjutnya.

Setelah menyelesaikan tes di sirkuit Misano, Rossi malah bernostalgia dan mencoba mengingat lagi tes-tes yang sudah ia lewati sepanjang masa karirnya di ajang balap kelas dunia.

"Saya ingat betul tes pertama dengan motor 250 cc. Tetapi tes pertama dengan di kelas 500 cc adalah dengan Honda di Jerez. Bersama dengan Jeremy (Burgess) dan Bernie (Ansiau) untuk pertama kalinya. Saya pikir itu November atau Desember 1999. Itu sangat mengesankan," papar Rossi.

Di kelas MotoGP, Rossi tercatat melakukan tes resmi pertamanya pada Agustus 2001. Kala itu Rossi menunggangi motor empat tak Honda di Sirkuit Suzuka.

"Tes lain yang saya ingat dengan baik adalah tes pertama dengan Yamaha, di Sepang, pada Januari 2004. Pertama kali saya mencoba M1. Juga bersama Jeremy. Saya pikir ini adalah tes terbaik dalam karir saya," papar Rossi.

Menariknya, pada sesi tes resmi di Missano kali ini, ayah dari Rossi juga turut hadir untuk menyaksikan aksi anaknya di atas Yamaha M1 2022.

"Dia mengerti (saya pensiun) sekarang. Dia yang terakhir menyerah, karena dia ingin saya tetap melanjutkan balap. Tapi sekarang dia baik-baik saja dan dia datang kemarin dan hari ini untuk melihat beberapa lap," kata Rossi.

Pada tes resmi Missano kali ini, di sesi terakhir Rossi tercatat hanya melakukan beberapa lap dengan M1 2022. Rossi berada di urutan ke-19 dan terpaut 2,072 detik dari Aleix Espargaro yang mencatatkan waktu tercepat di sesi tes ini.



Simak Video "Kelakar Komeng soal Ajak Valentino Rossi Ambil Uang Pensiun Bareng"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)