MotoGP 2021 Belum Selesai, Quartararo Sudah Optimistis dengan Motornya untuk Musim Depan

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Rabu, 22 Sep 2021 20:04 WIB
ALCANIZ, SPAIN - SEPTEMBER 10: Fabio Quartararo of France and Monster Energy Yamaha MotoGP Team rounds the bend during the MotoGP of Aragon - Free Practice at Motorland Aragon Circuit on September 10, 2021 in Alcaniz, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Ilustrasi aksi Fabio Quartararo di salah satu seri MotoGP 2021 Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Rangkaian MotoGP 2021 tengah berhenti dari padatnya jadwal balap. Saat ini, Marquez cs tengah menjalani tes Misano yang digelar di Misano World Circuit Marco Simoncelli pada Selasa hingga Rabu (21-22/9/21) ini.

Di sesi tes kemarin, meskipun Yamaha belum mencatatkan hasil terbaiknya, namun Quartararo mengaku sudah cukup puas dengan tunggangannya di musim MotoGP 2022 nanti.

"Ini adalah hari yang positif. Kami mencoba banyak hal dan feedback dari saya cukup baik untuk sasis 2022 ini. Tapi kami masih harus mengujinya (M1 2022) dalam beberapa lap lagi sampai akhirnya 100% yakin akan motor ini untuk musim balap 2022 nanti," ujar Fabio Quartararo di sesi wawancara bersama MotoGP.

Quartararo juga mengaku bahwa M1 2022 yang akan digunakannya nanti ini kian baik di berbagai sektor. Menurutnya, Yamaha dapat memberikan peningkatan kepada motornya dan setiap masukan darinya dapat pelan-pelan terealisasi.

"Ya untuk saat ini, kami mencoba untuk meningkatkan lagi untuk sektor pengendalian dan keseimbangan. Saya rasa ini adalah hal penting untuk Yamaha melalukan peningkatan, karena saya harus mendapat 'feeling' yang sama dengan motornya," lanjut Quartararo.

"Di sesi tes besok mungkin saya akan bisa bicara lebih tentang motornya. Tapi untuk langkah awal ini, saya merasa cukup dan bahagia akan motor saya," papar Quartararo.

Quartararo juga menambahkan bahwa pengembangan M1 2022 ini harus berdasarkan feedback dari semua pebalap Yamaha, bukan hanya dirinya. Menurutnya ini pekerjaan besar untuk Yamaha, agar bisa membuat motor yang tepat dan sesuai dengan feeling tiap-tiap pebalapnya.

"Saya rasa kita masih harus bekerja keras dan secepatnya ketika kita mendapat kesempatan untuk melakukan pengetesan lagi, semuanya harus memberi masukan dan Yamaha harus bekerja keras untuk mengerjakannya," papar Quartararo.

Quartararo menjadi satu-satunya pebalap Yamaha yang mengikuti sesi pertama tes Misano. Sementara rekan pebalap Yamaha lainnya seperti Valentino Rossi, Franco Morbidelli, hingga Andrea Dovizioso baru bergabung dengan Quartararo pada sesi kedua tes Misano kemarin.

Saat ini Fabio Quartararo kian kokoh di puncak klasemen sementara MotoGP 2021 dengan torehan 234 poin. Pebalap tim Yamaha ini hanya perlu mempertahankan performanya dan tetap meraih poin besar di empat balap yang tersisa.

Dalam waktu dekat, MotoGP akan bertolak ke Circuit of The Americas untuk menjalani seri ke-15 MotoGP Amerika 2021 pada Minggu (3/10/21) mendatang.



Simak Video "Bukan Pertamax atau Premium, Ini Bensin yang Dipakai Motor MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)