Bisnis Baru Rossi Setelah Pensiun: Jualan Sepeda Listrik

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Rabu, 22 Sep 2021 06:41 WIB
Thumbnail video valentino rossi
Valentino Rossi (Dorna)
Jakarta -

Valentino Rossi punya bisnis baru untuk dia tekuni setelah pensiun nanti. Selain mengurus brand VR46 yang dipunya, The Doctor kini memiliki line up sepeda listrik, yang dijual dengan merek VR46.

VR46 menjadi brand yang begitu identik dengan Rossi. Selain memiliki tim balap dan ranch dengan nama yang sama, rider pemilik sembilan gelar juara dunia itu juga menjual beragap aparel balap di bawah nama VR46. Tercatat ada pakaian, sepatu, kacamata hingga helm yang sudah dijual perusahaan milik Rossi tersebut.

Baru-baru ini, The Doctor siap menambah etalase produknya dengan meluncurkan sebuah sepeda listrik masa depan. Di bawah merek VR46, sepeda tersebut bertipe sepeda gunung atau yang disebut sebagai e-MTB (e-Mountainbike).

Dikutip dari Ride Apart, sepeda gunung bertenaga listrik ini dikembangkan bersama perusahaan MT Distribution yang berbasis pada pengembangan kendaraan mobilitas. VR46 e-MTB ini akan hadir dalam dua pilihan yakni Premium dan Limited Edition.

Carlo Alberto Tebaldi selaku CEO VR46 mengatakan, kehadiran sepeda listrik ini merupakan wujud pengembangan usaha yang akan dilakukan oleh merek VR46. Kini, perusahaan tidak akan fokus pada bisnis jualan pakaian dan aksesoris sepeda motor saja.

"VR46 Racing Apparel telah memulai jalur evolusi untuk beberapa waktu. Kelahiran proyek baru ini memiliki tujuan untuk menciptakan produk yang berorientasi pada kinerja. Sudah lama kami ingin memperluas penawaran dan memasuki dunia bersepeda, terutama di sektor off-road," kata Carlo Alberto Tebaldi.

Sepeda Listrik VR46Sepeda Listrik VR46 Foto: MT Distribution

Membahas soal sepeda listrik tersebut, baik tipe Premium ataupun Limited Edition, menggunakan komponen yang identik. Namun, untuk versi Limited Edition mengadopsi serat karbon eksklusif pada seluruh frame dan menggunakan gearbox nirkabel.

Karena mengusung tipe Limited Edition, sepeda listrik tersebut hanya akan dijual dalam jumlah terbatas, yakni sebanyak 46 unit saja. Sepeda juga akan dilengkapi lencana bernomor serta sertifikat asli, serta hadirnya tanda tangan langsung oleh Valentino Rossi.

Kedua tipe sepeda menggunakan roda belakang 27,5 inci dengan lebar velg 35 mm. Sementara pada roda depan memiliki diameter 29 inci dengan lebar velg 30 mm. Kedua ban akan menggunakan Pirelli Scorpion E yang khusus digunakan pada sepeda gunung.

Agar nyaman digunakan saat menjelajah medan di pegunungan, e-MTB VR46 menggunakan suspensi garpu 170 mm dan peredam kejut 205/67,55 mm. Baterai sepeda juga dipasang pada bagian bawah rangka, hal ini untuk menurunkan pusat gravitasi serta meningkatkan rangka sepeda.

Sepeda listrik ini semakin canggih dengan kehadiran teknologi bernama "Flip Chip" dari Bosch. Hadirnya fitur ini memungkinkan pengguna sepeda untuk mengubah geometri berdasarkan kondisi medan yang dilintasi.

Namun sampai saat ini belum ada spesifikasi lengkap mengenai sepeda e-MTB VR46 tersebut. Peluncuran sepeda gunung listrik ini rencananya dilakukan pada acara EICMA 2021 di Milan, Italia. Pameran tersebut berlangsung antara 23 hingga 28 November 2021.



Simak Video "Kelakar Komeng soal Ajak Valentino Rossi Ambil Uang Pensiun Bareng"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)