Rossi Sebenarnya Mau Pensiun Tahun Lalu, Batal karena Nurut Permintaan Ortu

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 06 Sep 2021 13:21 WIB
Italian rider Valentino Rossi attends a news conference ahead of the MotoGP motorcycle race Grand Prix of Styria at the Red Bull Ring in Spielberg, Austria, Thursday, Aug. 5, 2021. Rossi announced his retirement as an active MotoGP rider at the end of the 2021 race season. (AP Photo/Gerhard Schiel)
Valentino Rossi sempat ingin pensiun di musim 2020 tapi ditentang kedua orang tua Foto: AP/Gerhard Schiel
Jakarta -

Valentino Rossi sebenarnya punya keinginan gantung helm lebih cepat. Tapi rencana itu batal gara-gara dicegah kedua orang tuanya, Stefania Palma dan Graziano Rossi.

The Doctor sudah resmi memutuskan akan pensiun di akhir MotoGP 2021. Sebelum berhenti dari ajang yang membesarkan namanya tersebut, Valentino Rossi sempat ragu-ragu.

Seperti diketahui, jawara 9 kali ini diturunkan ke tim satelit Petronas Yamaha SRT pada musim 2021. Dia bertukar posisi dengan Fabio Quartararo yang naik ke tim pabrikan Monster Energy Yamaha.

Sebagai rider yang biasa dilayani oleh tim pabrikan, Rossi sempat berpikir untuk mengakhiri karirnya sebagai pebalap motor profesional di musim 2020. Tapi, dia mengatakan kalau keputusannya bergabung dengan Petronas Yamaha SRT tak akan kejadian jika bukan dorongan dari kedua orang tuanya.

"Pada 2020, aku berpikir lama apakah harus balapan setahun lagi atau tidak," kata Rossi kepada BT Sports dikutip Tuttomotoriweb, Senin (6/9/2021).

Rossi menceritakan hal ini kepada Stefania Palma dan Graziano Rossi. Tetapi reaksi mereka malah di luar ekspektasi Rossi.

"Saya cukup ragu-ragu, ibu dan ayah saya mendorong dengan keras: 'Tidak, tidak, kamu tidak harus berhenti (balapan). Lanjutkan!'," kenang Rossi saat menirukan percakapan dengan kedua orang tuanya.

"Terkadang mengharapkan reaksi sebaliknya, kalau Ibu biasanya mengatakan 'Cukup lah, kamu sudah waktunya berhenti', dan mereka malah mendorong saya untuk melanjutkan," cerita Rossi.

Saat berseragam Petronas Yamaha SRT, Rossi tidak menjalani musim dengan ciamik. Rider 42 tahun kesulitan menembus lima besar.

Penampilan terbaik Rossi finis ke-8 pada MotoGP Austria 2021. Dia kini menempati posisi 21 di klasemen sementara MotoGP 2021.

Atas hasil tersebut, Rossi kembali berkonsultasi dengan ibunya. Namun reaksi sang ibunda berbeda, dia menyetujui Rossi untuk segera gantung helm.

"Itu agak aneh," ucap Rossi.

"Sebelum Austria saya berkata kepadanya: 'Stefi, besok saya akan mengadakan konferensi pers dan saya akan mengatakan bahwa saya pensiun.' Dia menggunakan kacamata dan menjawab: 'Ah ok, saya pikir itu ide yang bagus'. Berhenti. Ini adalah kata-kata yang kami ucapkan satu sama lain, dan kemudian: 'Ok bye, sampai jumpa besok'," cerita Rossi.



Simak Video "Kelakar Komeng soal Ajak Valentino Rossi Ambil Uang Pensiun Bareng"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)