Vinales Datang, Max Biaggi Percaya Aprilia Jadi Tim Jempolan

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 05 Sep 2021 17:10 WIB
Maverick Vinales saat menjalani sesi uji coba bersama tim Aprilia di Sirkuit Misano, Italia, 31 Agustus 2021.
Maverick Vinales Foto: dok. Aprilia
Jakarta -

Salah satu legenda MotoGP, Max Biaggi menyambut bahagia bergabungnya Maverick Vinales ke Aprilia. Menurutnya kehadiran Vinales akan membuat Aprilia jadi tim papan atas di MotoGP 2022.

Aprilia baru saja menciptakan sejarah di era MotoGP modern. Aleix Espargaro membawa pabrikan Noale perdana naik podium di MotoGP Inggris, Silverstone.

Max Biaggi yang juga merupakan brand ambassador dari Aprilia bangga bukan main. Rekor-rekor prestasi Aprilia bakal terukir lagi seiring dengan bergabungnya Vinales.

Max Biaggi memuji evolusi yang dilakukan Aprilia sehingga pabrikan asal Italia ini kembali patut diperhitungkan. Pertama, CEO Aprilia Massimo Rivola.

"Kedatangan Massimo adalah awal dari era baru! Mentalitasnya membawa apa yang hilang, meninggalkan Romano (Albesiano, Direktur Teknik) dan semua teknisi untuk Aprilia Racing kesempatan untuk mengekspresikan diri mereka dengan baik," Max Biaggi dalam status Facebook-nya seperti dilihat detikcom, Minggu (5/9/2021).

7 Apr 1996:  Max Biaggi shrugs his shoulders after finishing second in the 250cc Indonesian Motorcycle Grand Prix at Sentul, Jakarta.  Mandatory Credit: Mike Cooper/ALLSPORTMax Biaggi saat berseragam Aprilia Foto: Mike Cooper/ALLSPORT

Di sisi lain Aleix Espargaro dinilai konsisten mengembangkan Aprilia RS-GP. Finis pada peringkat tiga di MotoGP Inggris 2021 merupakan bukti bahwa motornya mulai kompetitif.

"Jangan lupakan Aleix (Espargaro) yang telah melakukan pekerjaan hebat selama beberapa tahun, dia tidak pernah kehilangan akal sehat," sambung Biaggi.

"Tahun ini, Aleix menjalani musim yang sempurna, menyentuh hit lebih dari satu kali dan membawa Aprilia naik podium dengan sangat konkret," tambah dia.

Biaggi juga mengomentari keputusan Aprilia merekrut Vinales. Kehadiran pebalap 26 tahun itu dinilia bisa membuat Aprilia kembali menjadi tim jempolan.

Seperti diketahui, pebalap Spanyol itu diikat dengan kontrak berdurasi satu tahun bersama Aprilia usai berpisah lebih cepat dari Yamaha. Namun, Vinales memiliki opsi perpanjangan.

"Saya tahu beberapa dari Anda mungkin mengatakan saya bias. Tetapi percayalah, jelas bahwa Noale telah mulai menulis cerita yang indah lagi," tambah Biaggi.

Sekadar informasi, Max Biaggio punya sejarah bersama Aprilia. Dia empat kali juara dunia MotoGP 250 cc, tiga di antaranya bersama Aprilia.

Tak mendapat rumah baru di MotoGP. Max Biaggi pun pindah ke ajang kejuaraan World Superbike pada 2007. Pertama kali dia mengendarai Suzui GSX-R1000, musim berikutinya berganti Ducati 1098 RS, dan baru pada 2009, dia menjadi juara pada tahun 2010 dan 2012 bersama Aprilia RSV4.

Aprilia kini punya rider papan atas. Biaggi meyakini pabrikan Noale itu akan mengalami tim jempolan di kelas MotoGP 2022.

"Bagaimana menurut Anda? Di atas semua itu, kedatangan Maverick akan memungkinkan kami untuk menjadi salah satu tim terkuat di tahun 2022," kata Biaggi.

"Saya bertaruh pada Aprilia. Saya pernah melakukannya di masa lalu dan tidak pernah menyesalinya! Di Noale mereka bisa membuat sepeda motor selamanya!," ungkap Biaggi.

Sebelum menyambut 2022, Maverick Vinales dijadwalkan akan debut bersama Aprilia dalam putaran MotoGP Aragon pada 11-12 September akhir pekan depan.



Simak Video "Bukan Pertamax atau Premium, Ini Bensin yang Dipakai Motor MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)