Ini Jenny Anderson, Teknisi Data Cantik KTM yang 'Dibajak' Marc Marquez

Ridwan Arifin - detikOto
Sabtu, 16 Jan 2021 14:53 WIB
Jenny Anderson
Jenny Anderson, Teknisi KTM dibajak tim Marc Marquez (KTM)
Jakarta -

Belum bisa dipastikan kapan Marc Marquez bakal tampil di MotoGP 2021. Tapi Repsol Honda sudah memulai strategi dengan merekrut 'ratu elektronik' Red Bull KTM, Jenny Anderson.

Dikutip dari GPone, wanita asal Inggris ini sebelumnya adalah teknisi elektronik Pol Espargaro saat berseragam Red Bull KTM. Jenny bakal menggantikan Gerold Bucher, teknisi data yang sudah menemani Marc Marquez sejak level Moto2. Bucher berhenti menjadi teknisi data Repsol Honda pada akhir 2020.

Jenny menimba ilmu di University of Oxford. Hampir sebagian besar hidupnya berkutat dengan data telemetri. Ketika ia kecil, dia pertama kali mengenal dunia tersebut melalui go kart.

"Saat umur 10 tahun saya memulainya dari gokart dan telemetri hampir sebagai hobi. Saya tidak pernah menyadari bahwa hal itu dapat membawa saya ke pekerjaan seperti yang saya miliki sekarang," kata Jenny Anderson seperti dikutip Motosan.es, Sabtu (16/1/2021).

Jenny AndersonJenny Anderson Foto: KTM

Saat berusia 22 tahun, Jenny Anderson bahkan sudah bekerja di Formula 3, menjadi eks insinyur Kevin Magnussen di Formula 3 bersama Renault.

"Sebenarnya, saya bekerja dengan KevinMagnussen di tahun pertama saya. Kemudian saya bekerja penuh waktu (di F3) sampai proyek denganKTM ini muncul," kata Jenny.

Lalu pada 2015, Jenny bergabung dengan KTM, terlibat proyek besar mengembangkan motor dari awal. Ia bertanggung jawab dengan kontrol strategi, seperti traction control, anti-wheelie, engine-braking control, torque delivery, launch control, dan sebagainya yang menjaga 270 dk KTM RC16 V4 Espargaro tetap berada di jalurnya.

"Saya bergabung dengan proyek ini pada 2015, sebelum kami debut di MotoGP, dan setelah bekerja di pabrik penuh waktu dan di departemen elektronik. Saya telah melihat RC16 berkembang dari zero hingga saat ini," terang Jenny.

Jenny tak lagi berada di sisi Pol Espargaro meski sudah berseragam Repsol Honda, tetapi turut mengembangkan RC-213-V di sisi Marc Marquez.



Simak Video "Marc Marquez di MotoGP Belanda: Start Ke-20, Finis Ketujuh"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)