Tes MotoGP Sepang Batal, Motor-motor Baru Bakal Diluncurkan Virtual

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 13 Jan 2021 10:18 WIB
MISANO ADRIATICO, ITALY - SEPTEMBER 15:   Maverick Vinales of Spain and Monster Energy Yamaha MotoGP Team  rounds the bend during the MotoGP Of Tests In Misano at Misano World Circuit on September 15, 2020 in Misano Adriatico, Italy. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Motor MotoGP musim 2021 akan diluncurkan secara virtual, sementara test pramusim di Sirkuit Sepang dipastikan batal. (Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Mengingat pandemi virus Corona (COVID-19) masih ganas, peluncuran motor MotoGP musim 2021 akan dilakukan secara virtual. Tahun-tahun sebelumnya, peluncuran motor MotoGP dilakukan di beberapa negara, salah satunya di Indonesia.

Dilansir Crash.net, Monster Yamaha dan Ducati telah menetapkan tanggal peluncuran tim musim 2021. Keduanya memutuskan untuk melakukan peluncuran tim MotoGP 2021 secara virtual.

Tim Yamaha, yang tidak lagi bersama Valentino Rossi, akan meluncurkan motor MotoGP musim 2021 secara online pada 15 Februari. Fabio Quartararo akan tampil dengan seragam tim pabrikan Yamaha bersama rekan setimnya Maverick Vinales untuk meluncurkan livery YZR-M1 terbaru.

Monster Yamaha mengatakan bahwa peluncurannya akan disiarkan di situs web dan saluran media sosial mereka.

Tim Ducati juga telah merencanakan peluncuran tim MotoGP 2021 pada 9 Februari secara virtual. Jack Miller dan Francesco Bagnaia akan menghadirkan warna baru untuk motor Ducati Desmosedici GP21.

Repsol Honda juga tampaknya akan memastikan tanggal peluncuran online pertengahan Februari. Tim ini bakal menampilkan juara enam kali Marc Marquez yang sedang cedera dan rekan setim baru Pol Espargaro.

Tahun-tahun sebelumnya, motor tim MotoGP diluncurkan langsung menjelang tes pramusim. Biasanya, sebelum atau sesudah tes pramusim di Sepang, Malaysia, beberapa tim pabrikan MotoGP seperti Honda dan Yamaha memilih Indonesia untuk meluncurkan motor MotoGP terbarunya.

Namun tahun ini, tes pramusim di Sepang, Malaysia, dibatalkan mengingat COVID-19 masih mengganas. Peluncuran motor MotoGP 2021 pun dilakukan secara virtual.

Malaysia mengumumkan keadaan darurat (berpotensi berlangsung hingga 1 Agustus) untuk memerangi kasus virus Corona yang terus meningkat.

Pihak penyelenggara MotoGP membatalkan tes pramusim 2021 di Sirkuit Sepang Malaysia yang dijadwalkan berlangsung pada 19-21 Februari mendatang.

"FIM, IRTA dan Dorna Sports dengan menyesal mengumumkan pembatalan kedua tes yaitu tes shakedown dan tes resmi MotoGP 2021 di Sepang," bunyi pernyataan resmi dari MotoGP.

"Pandemi Covid-19 yang terjadi dan lockdown mengakibatkan komplikasi yang mengharuskan pembatalan kedua acara tersebut, yang akan berlangsung di Sirkuit Internasional Sepang di Malaysia pada bulan Februari."

"Tes pramusim Qatar, yang saat ini akan berlangsung di Losail International Circuit dari tanggal 10 hingga 12 Maret, terus dikonfirmasi. Pembaruan atau perubahan lebih lanjut akan diberitahukan sesegera mungkin setelah diputuskan," lanjut pernyataan tersebut.



Simak Video "Daftar Pembalap MotoGP 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)