Senang Bukan Main Rossi Podium Lagi

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 12 Jan 2021 12:50 WIB
Valentino Rossi balapan pakai mobil
Rossi balapan pakai Ferrari dan sukses meraih podium. Foto: Instagram @valeyellow46
Jakarta -

Valentino Rossi ikut balapan mobil bersama adik tirinya Luca Marini dan sahabatnya Alessio "Uccio" Salucci. Ketiganya bergantian mengendarai Ferrari di ajang 12 Hours Gulf di Bahrain.

Bersama Luca Marini dan Uccio, Rossi berhasil meraih podium setelah menjadi yang tercepat ketiga di kelas GT3 Pro-Am di 12h Gulf. Rossi tampak senang bisa meraih podium lagi di luar MotoGP.

"Itu adalah hari yang indah dan kami bersenang-senang. Pada akhirnya kami berhasil naik podium, yang selalu luar biasa. Kami mendapat trofi dan kami senang dengan balapan ini," kata Rossi dikutip Speedweek.

Juara dunia sembilan kali itu sudah berkali-kali membuktikan bahwa Valentino Rossi juga kencang di roda empat. Akhir pekan kemarin dia melakukannya di 12h Gulf. Sebelumnya, dia juga meraih podium di kejuaraan yang sama pada liburan musim dingin 2019 lalu.

Ketiga pebalap asal Italia ini menyetir Ferrari 488 GT3. Mobil itu ditenagai mesin V8 twin turbo berkapasitas 3.900 cc dengan tenaga sekitar 600 daya kuda. Secara keseluruhan, Rossi dkk finis di urutan keempat. Namun di kelas GT3 Pro-Am, mereka menjadi yang tercepat ketiga.

"Kami berjuang sangat keras karena semua mobil sangat cepat. Kami bisa meningkatkan dan menikmatinya," kata The Doctor.

[Gambas:Instagram]



Rossi memulai giliran start. Start dari posisi kedelapan, pebalap berusia 41 tahun itu telah menempati posisi keenam di tikungan pertama. Selama menjalankan tugasnya, dia menyalip lawan-lawannya dan membuat manuver yang kuat.

Akhirnya, dia menyerahkan Ferrari kepada Marini di tempat kelima. Pebalap Moto2 yang bakal naik kelas ke MotoGP itu juga dalam suasana hati yang sangat baik dan menunjukkan kinerja yang luar biasa di kokpit Ferrari, itu juga dialami Uccio.

Meskipun mendapat penalti drive-through karena melintasi garis putih di pintu keluar pit, Rossi, Marini dan Uccio menyelesaikan bagian pertama balapan di posisi kelima. Pada titik ini, mereka sudah satu lap di belakang pemenang, McLaren 720S GT3 dari 2 Seas Motorsport.

[Gambas:Instagram]



Setelah istirahat dua jam, 12 Hours Gulf dimulai kembali untuk paruh kedua balapan. Rossi, Marini dan Salucci kembali merebut satu posisi di depannya, sehingga pada akhirnya finis di posisi keempat dan menjadi tercepat ketiga di kelas GT3 Pro-Am, sekaligus mengantarkan Rossi dkk meraih podium.

"Itu adalah balapan akhir pekan yang hebat. Saya sangat senang dan terutama di bagian kedua, dengan suhu yang lebih rendah, mobil sangat bagus untuk dikendarai. Saya masih harus menghemat bahan bakar menjelang akhir karena hampir habis, dan saya merasa seperti seorang pembalap sejati. Hebat sekali, saya bisa mengemudikan mobil persis seperti yang saya inginkan," kata Marini.



Simak Video "Kelakar Komeng soal Ajak Valentino Rossi Ambil Uang Pensiun Bareng"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)