Terungkap! Motor Rossi Sebenarnya Juga Bermasalah dengan Rem

Doni Wahyudi - detikOto
Senin, 24 Agu 2020 09:35 WIB
SPIELBERG, AUSTRIA - AUGUST 15: Valentino Rossi of Italy and Monster Energy Yamaha MotoGP Team  rounds the bend during the MotoGP Of Austria - Qualifying at Red Bull Ring on August 15, 2020 in Spielberg, Austria. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Valentino Rossi juga mengaku kalau ada masalah pada pengereman motornya (Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Masalah rem nyaris bikin Maverick Vinales celaka pada MotoGP Styria. Kendala yang sama ternyata juga sudah dialami Valentino Rossi pekan lalu.

Vinales membuat keputusan berani dan juga sangat tepat ketika memutuskan lompat dari motornya dalam balapan MotoGP Styria. Meski sedang melaju di kecepatan 220 km/jam, lompat dari motor justru menyelamatkan Vinales dari kecelakaan yang lebih fatal.

M1 milik rider Spanyol itu mengalami masalah pada pengereman. Vinales tak bisa hentikan laju motornya, setelah digeber di lintasan lurus. Motor tersebut sempat berjalan tanpa pengendara di atas lintasan sebelum akhirnya menabrak pembatas trek dan terbakar.

"Untungnya, Maverick bisa lompat dari motor tepat waktu, itu momen yang mengerikan," ucap Valentino Rossi dalam rilis yang diterima detikOto.

Diakui Rossi, sistem pengereman motornya juga bermasalah dan sudah dirasakan keanehannya sedari pekan lalu. Dia bersama Yamaha dan Brembo sudah melakukan modifikasi sebelum MotoGP Styria. Namun dalam balapan kemarin The Doctor masih merasakan ada masalah.

"Dalam dua pekan terakhir kami memakai rem sampai batasnya, terutama dengan Yamaha. Saya punya masalah dengan hal itu pekan lalu, dan kami melakukan modifikasi pekan ini, kami bekerja bersama Brembo."

"Pada balapan pertama hari ini (sebelum red flag) tidak bagus, tapi di balapan kedua remnya bagus dan saya tak punya kendala. Sekarang kami harus melanjutkan bekerja sambil berharap di lintasan lain, seperti di Misano, kami bisa lebih kompetitif," lanjut The Doctor.

Masalah pada sistem pengereman menambah panjang tantangan yang dihadapi Yamaha pada awal musim ini. Sebelumnya mereka sudah dibuat pusing dengan kendala mesin yang mendatangi hampir seluruh pebalapnya.



Simak Video "Sukses di MotoGP Qatar, Bisakah Vinales Mengulangnya di GP Doha?"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)