ADVERTISEMENT

Pilihan dan Harga Motor Listrik di Indonesia, BBM Naik Enggak Masalah

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 06 Sep 2022 08:01 WIB
Motor Listrik Smoot Tempur
Foto: Pilihan motor listrik di Indonesia (Muhammad Hafizh Gemilang/detikcom)
Jakarta -

Harga bensin saat ini sedang mahal. Per Sabtu (3/9/2022) lalu, harga Pertalite dan Pertamax naik. Hal ini tentu membuat pengeluaran pemilik kendaraan bertambah. Tapi kalau beralih ke motor listrik, harga BBM tinggi jadi bukan masalah.

Di saat harga bensin naik, kini ada beragam pilihan motor listrik. Motor listrik ini disebut lebih efisien dari segi biaya operasional. Sebab, biaya ngecas motor listrik lebih murah ketimbang seliter bensin.

Saat ini sudah banyak motor listrik yang ditawarkan di Indonesia. Harganya pun terbilang kompetitif dibanding motor berbahan bakar bensin.

Canggihnya lagi, beberapa motor listrik di Indonesia sudah mendukung sistem battery swap. Jadi, pemilik motor listrik tak perlu menunggu waktu lama untuk ngecas baterai. Cukup cabut baterai yang sudah habis, kemudian tukar dengan baterai yang sudah terisi penuh. Penukaran baterai ini tersedia di lokasi tertentu.

Apa saja pilihan motor listrik? Berikut ulasannya.

1. Gesits

Gesits di IIMS 2022Gesits di IIMS 2022 Foto: (Ridwan Arifin/detikoto)

Gesits menjadi salah satu motor listrik yang diproduksi di Indonesia. Gesits mengklaim, motor listriknya setara dengan skuter berbahan bakar bensin yang banyak beredar di Indonesia.

Motor listrik Gesits dibekali motor Permanent Magnet Synchronous Motor berpendingin udara yang disalurkan melalui transmisi Pulley Belt. Gesits memiliki baterai Li-NCM 72Volt 20Ah. Tenaga maksimalnya bisa mencapai 6,7 daya kuda dengan torsi maksimal 30 Nm.

Akselerasi 0-50 km/jam cuma butuh 5 detik. Kecepatan tertingginya mencapai 70 km/jam. Dengan satu baterai, motor listrik Gesits bisa menempuh jarak 50 km. Jika membawa dua baterai daya jangkaunya bertambah menjadi 100 km.

Saat ini motor listrik Gesits juga bisa dibeli secara online di e-commerce. Motor listrik Gesits dijual dengan harga Rp 28.970.000 on the road DKI Jakarta.

2. Alva One

Skuter listrik Alva OneSkuter listrik Alva One Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Pasar otomotif Indonesia kedatangan pemain baru di kelas sepeda motor listrik. Namanya Alva One yang baru meluncur di GIIAS 2022.

Alva One dibekali tiga mode berkendara, yakni Eco, Cruise, dan e-Sport. Setiap modenya dapat memberikan performa yang efektif sesuai tingkat kecepatan yang diinginkan, dengan masing-masing kecepatan maksimum 43 km/jam, 70 km/jam, dan mode e-Sport dengan kecepatan hingga 90 km/jam.

Dibekali dengan torsi 46,5 Nm dan kecepatan tinggi, motor ini dapat menjangkau jarak tempuh sesuai dengan kebutuhan pengendara, dan mampu menempuh jarak sejauh 70 km.

Secara desain, motor ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat perkotaan, Alva One dilengkapi lampu LED di bagian depan dan belakang untuk memaksimalkan pencahayaan dan usia pemakaian lebih lama. Menariknya, adanya air intake di bagian pinggir motor yang membuat motor terlihat lebih futuristik.

Motor ini menggunakan konektivitas dengan aplikasi yang bisa digunakan penggunanya untuk menyalakan dan mematikan motor dari smartphone, bike sharing access, GPS locator & tracker, Alva Roadside Assistance, Alva Experience Center Locator, hingga bisa melihat Monthly Saving Estimator.

Alva One dijual dengan harga Rp 34,99 juta on the road di Jakarta. Saat ini telah dibuka pre order dan mulai dikirim ke konsumen pada November.

3. Viar Q1

Model berpose di atas motor listrik Viar Q1 pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) ke-27 tahun 2019 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Selasa (23 /7/2019).Motor listrik Viar Q1. Foto: Ari Saputra

Viar Q1 menjadi salah satu motor listrik buatan Indonesia yang pertama kali muncul. Saat ini, Viar menjajakan motor listrik New Q1L. Motor listrik ini dibekali baterai 60V 23Ah degan motor penggerak BLDC 800W. Kecepatan maksimalnya kurang lebih 60 km/jam dengan jarak tempuh 60 km. Viar juga menjual double battery sistem (baterai tambahan yang dijual terpisah) untuk menambah daya jangkau motor listrik ini.

Kini, Viar Q1L dijual mulai dari Rp 21.520.000. Motor listrik Viar juga bisa dibeli secara online di e-commerce.

4. United

Motor Listrik UnitedMotor Listrik United T-1800 Foto: Rizki Pratama

United yang terkenal dengan sepedanya kini juga memasuki industri kendaraan listrik. Saat ini, United menjual motor listrik United T-1800.

Dari segi desain, United T-1800 tak kalah keren dengan motor berbahan bakar bensin lainnya. United T1800 dilengkapi dengan 3 kecepatan dan turbo. Speed 1 bisa menempuh kecepatan 50 km/jam, Speed 2 60 km/jam, Speed 3 65 km/jam dan Turbo sampai 70 km/jam.

Motor listrik United T-1800 dijual mulai dari Rp 28.500.000.

5. Volta 401

Motor listrik Volta 401Motor listrik Volta 401 Foto: Dok. Volta

Selanjutnya ada Volta 401. Skuter listrik ini juga sudah banyak beredar di Indonesia. Skuter listrik Volta dibekali baterai 60V 23 Ah dan motor 1.500 watt. Daya jangkaunya mencapai 60 km sekali ngecas full. Kecepatan tertingginya 60 km/jam. Motor listrik Volta memiliki daya angkut sampai 200 kg. Harganya mulai dari Rp 15.750.000 on the road DKI Jakarta.

6. Smoot Tempur

Motor Listrik Smoot TempurMotor Listrik Smoot Tempur Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Satu lagi pilihan motor listrik di Indonesia, namanya Smoot Tempur. Modelnya kurang lebih sama, yaitu mengusung model skuter. Motor listrik Smoot Tempur memiliki kapasitas baterai 64V/22,5Ah dengan tipe motor elektrik DC Brushless 1.500 watt. Smoot Tempur bisa menjangkau jarak 60 km sekali ngecas. Kecepatan maksimalnya 60 km/jam. Smoot Tempur dijual mulai dari Rp16.500.000.



Simak Video "Target Pemerintah Tinggi, Realitanya Jumlah Motor Listrik Baru Segini"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT