ADVERTISEMENT

Usung Teknologi 'Hybrid', Aki Fazzio Berbeda dari Biasanya?

Ridwan Arifin - detikOto
Sabtu, 05 Feb 2022 08:27 WIB
Yamaha Fazzio Hybrid Connected
Yamaha Fazzio Hybrid Connected Foto: Ridwan Arifin
Jakarta -

Peran aki Fazzio Hybrid Connected tak hanya sekadar menyalakan motor atau komponen elektrikal lain. Tapi membantu tenaga motor yang bersumber dari aki, fitur ini dinamakan Electric Power Assist Start.

Manager Technical and Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Aji Handoko mengatakan penggunaan aki dari Yamaha Fazzio sama seperti Freego tipe ABS.

"Dibanding matik lain memang sedikit lebih besar, kita pakai 5,3 Ampere YTZ6T, sama yang dipakai Freego ABS, sama dengan tipe-tipe smart key yang lain, juga sama dengan R15, jadi akinya aki normal saja cuma kapasitasnya lebih besar dari yang lain," kata Aji saat memaparkan di Bogor, Jawa Barat beberapa waktu yang lalu.

Aki tersebut kini bertambah dengan menyuplai tenaga tambahan yang dinamakan power assist start berfungsi untuk membantu tarikan awal mesin pada tiga detik pertama.

Tenaga dihasilkan dari gabungan mesin dan electric power assist sehingga bisa membuat akselerasi awal lebih bertenaga dan halus khususnya ketika membawa penumpang, barang, dan jalan menanjak.

Dalam kondisi normal komponen baterai berfungsi untuk menghidupkan sepeda motor. Setelah motor menyala daya baterai akan di-charge kembali oleh komponen Smart Motor Generator (SMG).

Beban kerja aki yang bertambah, apakah membuat umurnya lebih pendek atau cepat tekor?

"Jadi di motor ini kita sudah lengkapi sistem yang namanya battery life charging, jadi pada kondisi tertentu misalnya voltasenya terlalu rendah itu dia akan mematikan sistem assist maupun start stopnya sampai voltasenya kembali normal lagi dan bisa digunakan dengan normal," ucap Aji.

"Dengan kondisi tersebut tentu baterai selalu terjaga kondisinya. Kalau umurnya dari hasil testing kita, kalau kita lihat sampai saat ini aman-aman saja, harusnya kalau kondisi baterai normal 2-3 tahun. Tapi dengan tambahan battery life ini performanya bisa selalu terjaga selama periode tersebut," tambah dia.

Dia menambahkan harga eceran tertinggi yang digunakan Yamaha Fazzio ialah 287 ribu. Lalu bagaimana dengan perawatan motor hybrid ini?

"Secara perawatannya sebetulnya sama dengan motor-motor yang ada. Bahkan item perawatannya pun sama. Karena relative part-nya juga sama," ujarnya.



Simak Video "Calon Pembeli Yamaha Fazzio Harap Bersabar, Motornya Masih Inden"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT