ADVERTISEMENT

Ototest

First Ride Yamaha Fazzio, Begini Impresi dan Rasa Hybrid-nya

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 04 Feb 2022 15:47 WIB
Yamaha Fazzio Hybrid Connected
Test ride Yamaha Fazzio Hybrid Connected Foto: Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)
Jakarta -

Yamaha Fazzio Hybrid Connected sudah bisa dibeli konsumen Indonesia. Tapi bagaimana rasanya menggunakan motor ini untuk membelah kemacetan kota? Berikut impresi pertama mengendarai Fazzio Hybrid Connected.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memasarkan Fazzio Hybrid Connected 125 sejak 18 Januari 2022. Motor ini diberi emblem "Hybrid", membuatnya jadi yang pertama di kelas 125 cc.

DetikOto diberi kesempatan menjajal motor bergaya retro modern ini di kawasan Kota Bogor, Jawa Barat sejauh 19,9 kilometer. Tesnya cukup singkat, namun sedikit mewakili beberapa karakter jalan dari mulai berlubang, mulus hingga tanjakan.

Pertama kali hal yang perlu dibahas ialah soal desain. Motor ini langsung "eye catching" sedari pandangan pertama, bentuknya yang klasik dengan lampu utama yang membulat terkesan layaknya motor skutik ala Eropa.

Tak jarang, sorot mata dari rombongan test ride menarik perhatian masyarakat sekitar. Maklum saja, motor ini memang memiliki karakteristik unik dan coba menggoda konsumen muda.

Seperti diketahui tren ini memiliki segmentasi pasar tersendiri, terbukti ada Honda Scoopy, Yamaha Vino, Benelli Panarea, dan Vespa.

Yamaha mengategorikan Fazzio Hybrid Connected dalam segmen Classy Yamaha. Identik dengan aura klasik tapi tetap modern.

Yamaha Fazzio Hybrid ConnectedYamaha Fazzio Hybrid Connected (Ridwan Arifin/detikoto)

Lalu ke area samping, tongkrongan dari Fazzio Hybrid ini seperti skutik pada umumnya. Dek untuk pijakan kaki dibuat rata tak bertingkat layaknya Nmax atau Aerox.

Desainnya tidak saklek membulat, sedikit berbentuk kontak, terutama di area bodi belakang. Sepintas mirip garis desain skutik nyentrik Yamaha QBIX 125.

Posisi riding dan dimensi Yamaha Fazzio

Posisi riding dari Yamaha Fazzio Hybrid Connected terbilang ramah untuk ukuran tubuh rider 168 cm dengan bobot 78 kilogram. Kaki dengan mudah menyentuh tanah, sebab tinggi tempat duduk Fazio Hybrid hanya 750 mm.

Berlanjut ke area setang, posisinya tak terlalu pendek ataupun tinggi. Tangan juga mudah meraih handle dari Fazzio Hybrid. Posisi badan tidak membungkuk, feeling berkendaranya mirip dengan skutik 125 cc Yamaha lainnya.

Yamaha Fazzio Hybrid ConnectedYamaha Fazzio Hybrid Connected Foto: Sena

Joknya tidak tebal, saat ditekan busanya juga tidak tipis-tipis amat. Sepanjang berkendara selama hampir 1 jam, bokong juga tidak terasa pegal.

Posisi dek dari Yamaha Fazzio juga rata. Kaki juga tidak diangkat terlalu tinggi, bahkan posisi dengkul tidak sampai naik melebihi ketinggian perut sehingga membuat posisi berkendara nyaman.

Dalam kata lain, dek tidak terlalu tinggi meskipun ada aki di bawahnya. Ukuran kaki 43 juga masih terdapat ruang yang tersisa, saat diukur posisi dengkul juga menyisakan 4 ruas jari dengan body dalam posisi duduk.

Yamaha Fazzio Hybrid ConnectedYamaha Fazzio Hybrid Connected Foto: Ridwan Arifin

Bagi Anda yang biasa mengendarai motor skutik Yamaha, perlu adaptasi di area kemudi Fazzio karena posisi batok kepala dari Yamaha Fazzio yang besar. Namun hal ini bukanlah masalah besar.

Dari segi dimensi, Fazzio memiliki ukuran yang ringkas, dengan panjang total 1.820 mm, lebar 685 mm, dan tinggi 1.125 mm. Jarak sumbu rodanya 1.280 mm, ground clearance 135 mm, tinggi jok 750 mm, berat isi di 95 kg, dan kapasitas BBM sebesar 5,1 liter.

Well, bicara dimensi ini membuat kemampuan manuver Fazzio lebih unggul tapi di sisi lain ada juga hal yang harus dipangkas untuk kenyamanan.

Misalnya dibandingkan dengan Yamaha Freego, yang memiliki dimensi panjang 1.905 mm, lebar 690 mm, dan tinggi 1.100 mm, dengan jarak sumbu roda mencapai 1.275 mm, tinggi tempat duduk 778 mm, berat isi 100 kilogram, kapasitas tangki bensin 4,2 liter. Dari data di atas, Fazzio menawarkan bagasi hanya 17,8 liter berbanding dengan Freego dengan kemampuan bagasi 25 liter.

[Halaman Berikutnya >> Sensasi Hybrid Fazzio]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT