Setara Mesin 300 cc, Ini Spesifikasi Motor Sport Listrik Universitas Budi Luhur

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 14 Jan 2021 17:41 WIB
Motor sport listrik buatan Universitas Budi Luhur, BL-SEV01
Foto: Dok. Universitas Budi Luhur. Motor sport listrik buatan Universitas Budi Luhur, BL-SEV01.
Jakarta -

Motor listrik Universitas Budi Luhur baru saja dirilis hari ini (14/1/2020). Motor listrik bergaya sport cafe racer ini memang masih berupa konsep, namun jika melihat spesifikasinya di atas kertas, motor listrik bernama BL-SEV01 ini cukup menjanjikan. Bahkan klaimnya setara motor konvensional bermesin 300 cc.

Sebagai informasi, BL-SEV01 merupakan hasil kolaborasi dari tiga pihak, yakni Universitas Budi Luhur (UBL), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan bengkel modifikasi motor Katros Garage.

"Blueprint-nya kolaborasi antara UBL, LIPI, dan Katros Garage. Secara mekanik dan sistem elektrifikasinya, ini benar-benar dibuat dari 0," bilang Sujono, Kepala Studi Kendaraan Listrik UBL, dalam Webinar Launching Motor Listrik BL-SEV01, Kamis (14/1).

Motor sport listrik buatan Universitas Budi Luhur, BL-SEV01Motor sport listrik buatan Universitas Budi Luhur, BL-SEV01 Foto: Dok. Universitas Budi Luhur

Spesifikasi BL-SEV01 didukung dengan motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga mencapai 16 kW, didukung oleh baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. Klaimnya, sepeda motor listrik ini bisa melaju hingga 110 kilometer untuk sekali pengisian baterai, dengan waktu pengisian baterai 4 jam.

Sementara dari sisi mekanikal, baik desain, rangka, bodi, maupun kaki-kaki pengerjaannya diserahkan ke bengkel Katros Garage. "Ini jadi tantangan untuk Katros, karena kami jarang mendapatkan project motor listrik. Jadi untuk membuat sebuah motor listrik, ini adalah hal baru. Semua motor ini dibuat dari nol, mulai rangka, bodi, serta kaki-kaki itu bagian tersulit. Hampir semua pembuatan motor ini nggak ada yang gampang. Dan mekanismenya itu sangat baru bagi kita," kata Andi 'Atenx' Akbar dari Katros Garage, dalam kesempatan yang sama.

Motor sport listrik buatan Universitas Budi Luhur, BL-SEV01Motor sport listrik buatan Universitas Budi Luhur, BL-SEV01 Foto: Dok. Universitas Budi Luhur

Untuk konsep desain, Katros menawarkan model retro, dengan bodi, dan memiliki tampilan futuristik. Oleh sebab itu dipilihlah model cafe racer yang punya ciri sport kuat, tangguh, dan agresif. Pemilihan desain ini klaimnya disesuaikan dengan performa dari BL-SEV01 yang dikatakan setara dengan kemampuan motor sport 300 cc.

Karena memiliki spesifikasi high-performance atau performa tinggi, pihak UBL berencana mengetesnya di lintasan sirkuit balap. "Motor ini sudah kami coba, dan handlingnya di luar dugaan, distribusi berat di roda depan dan roda depan relatif imbang, sekitar beda 2 kg. Dan secara pengendalian saya sudah coba, dengan kecepatan 80 km/jam itu sangat nyaman," kata Sujono.



Simak Video "Motor Listrik Mengaspal di Kota Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)