Motor Listrik Universitas Budi Luhur Diluncurkan, Usung Gaya Sport Cafe Racer

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 14 Jan 2021 15:19 WIB
Motor sport listrik buatan Universitas Budi Luhur, BL-SEV01
Foto: Dok. Universitas Budi Luhur. Motor listrik Universitas Budi Luhur.
Jakarta -

Universitas Budi Luhur kembali merilis produk motor listrik konsep terbaru mereka. Mengusung gaya sporty, motor listrik buatan lokal ini diberi nama Budi Luhur-Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01).

"Universitas Budi Luhur sejak lama merencanakan pengembangan mobil dan motor listrik yang merupakan hasil karya anak bangsa. Riset kami menjadi bagian dari misi Universitas Budi Luhur dalam memfasilitasi dan memotivasi civitas akademika untuk mencapai penelitian bermutu, serta melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat," ungkap Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro, Kamis (14/1/2021).

BL-SEV01 merupakan sepeda motor yang 100 persen digerakkan menggunakan tenaga listrik sebagai sumber tenaganya, serta dikembangkan oleh civitas akademika Universitas Budi Luhur. Selain itu, pengembangan motor listrik Universitas Budi Luhur BL-SEV01 mendapatkan dukungan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan dibantu oleh Katros Garage untuk desain kendaraan.

Motor sport listrik buatan Universitas Budi Luhur, BL-SEV01Motor sport listrik buatan Universitas Budi Luhur, BL-SEV01 Foto: Dok. Universitas Budi Luhur

Baik pengajar dan mahasiswa Universitas Budi Luhur mengembangkan motor listrik, baterai, dan modul yang digunakan di BL-SEV01. Ketiga komponen utama kendaraan listrik ini sudah dikembangkan sedemikian rupa agar bisa bekerja secara optimal sesuai dengan kondisi, karakteristik, dan medan di Indonesia. Semua komponen yang dikembangkan ini diklaim sudah teruji dan terbukti bisa berfungsi dengan baik setelah melalui rangkaian tes di laboratorium milik LIPI.

Spesifikasi BL-SEV01 didukung dengan motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga mencapai 16 kW, didukung oleh baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. Klaimnya, sepeda motor listrik ini bisa melaju hingga 110 kilometer untuk sekali pengisian baterai, dengan waktu pengisian baterai cukup 4 jam.

Sementara dari sisi desain, dipilih model Cafe Racer untuk menegaskan performa dan kemampuan BL-SEV01 sebagai sebuah motor sport kuat, tangguh, dan agresif. Pemilihan desain ini disesuaikan dengan performa dari BL-SEV01 yang diklaim setara dengan kemampuan motor sport 300 cc.

Motor sport listrik buatan Universitas Budi Luhur, BL-SEV01Motor sport listrik buatan Universitas Budi Luhur, BL-SEV01 Foto: Dok. Universitas Budi Luhur

"Perkembangan teknologi di era industri 4.0 membuat para akademisi tidak bisa hanya berdiam diri namun harus bisa berkembang untuk berpikir jauh ke depan demi perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia. Semoga hasil pemikiran dan wawasan teknologi motor listrik yang dihadirkan Universitas Budi Luhur mendapat dukungan dari semua pihak demi kemajuan industri yang ramah lingkungan, ekonomis, dan solusi untuk energi terbarukan," ujar Rektor Universitas Budi Luhur, Wendi Usino.

Sebelumnya, Universitas Budi Luhur juga pernah membuat mobil listrik bergaya offroad. Mobil listrik itu bernama Blits yang dikembangkan bersama ITS. Bahkan, mobil listrik Blits sempat diuji perjalanan sejauh sejauh ribuan kilometer keliling Indonesia.

Blits (Budi Luhur-ITS) sendiri didesain untuk Rally Dakar Argentina mulai dari tubular sasis, bentuk bodi, electric motor, sampai ketahan baterai. Project Blits merupakan inovasi mobil listrik yang dilahirkan dari anak bangsa sendiri, yang bisa dikenal oleh dunia.

Motor sport listrik buatan Universitas Budi Luhur, BL-SEV01Motor sport listrik buatan Universitas Budi Luhur, BL-SEV01 Foto: Dok. Universitas Budi Luhur


Simak Video "Motor Listrik Mengaspal di Kota Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)