Sabtu, 12 Okt 2019 11:41 WIB

Harga Vespa Piaggio dkk Sudah Naik Ikuti Kenaikan BBN

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Ridwan/detikOto Foto: Ridwan/detikOto
Jakarta - PT Piaggio Indonesia sebagai agen pemegang merek dari Piaggio, Vespa, Moto Guzzi, dan Aprilia di Indonesia, mengatakan sudah menaikkan harga motornya menyesuaikan aturan Bea Balik Nama Kendaraan-Bermotor yang baru.

"Soal kenaikan BBN (2,5 persen), harga kita semua sudah mengikuti kenaikan BBN yang baru, sejak Oktober. Dan nggak besar kok kenaikannya," kata Public Relation and Communication Specialist PT Piaggio Indonesia, Robby Gozal, di sela-sela acara media briefing Aprilia Shiver 900 di Pondok Indah, Jakarta Selatan, Jumat (11/10/2019).



Untuk diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menaikkan biaya BBN-KB dari 10 persen menjadi 12,5 persen. Kebijakan ini disebut-sebut akan diterapkan mulai Oktober. Namun, hingga berita ini diturunkan, belum ada tanda-tanda realisasi kebijakan tersebut.

Agar konsumen tidak kaget dengan kenaikan harga yang sudah diterapkan, Robby mengatakan PT Piaggio Indonesia aktif melakukan sosialisasi kepada para konsumen terkait kenaikan BBN-KB tersebut.

"Dari konsumen, selama ini so far kita memberikan penjelasan ke mereka. Karena kita berbisnis di Indonesia, kita mengikuti regulasi yang ada," ujar Robby.

Sekadar informasi, kebijakan menaikkan tarif BBN-KB dilontarkan Gubernur DKI Anies Baswedan. Menurut Anies, kebijakan ini bisa menekan pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor. Di sisi lain, kenaikan BBN-KB akan membuat pendapatan dari pajak meningkat.

"Usulan kenaikan tarif BBN-KB dari 10 persen menjadi 12,5 persen, berpotensi menambah penerimaan daerah sebesar kurang-lebih Rp 90 miliar sampai Rp 100 miliar per bulan. Atau Rp 1 triliun sampai Rp 1,2 triliun per tahunnya," ucap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat membacakan jawaban Raperda dalam rapat Paripurna, di gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Senin (1/7/2019).

"Usulan tarif tersebut diharapkan menekan pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor," ujar Anies saat itu.



Simak Video "Inilah 3 Jagoan Baru Piaggio"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com