Minggu, 19 Jul 2020 18:03 WIB

Gokil, Mobil Listrik Tesla Disulap Jadi Kendaraan Off Road

Luthfi Anshori - detikOto
Modifikasi Tesla Model 3 jadi kendaraan off road Modifikasi Tesla Model 3 jadi kendaraan off road. Foto: Delta 4 x 4
Jakarta -

Siapa bilang mobil listrik tidak bisa dimodifikasi menjadi kendaraan petualang? Buktinya bengkel modifikasi dari Jerman, Delta 4 x 4, menyulap Tesla Model 3 menjadi mobil off-road. Gokil.

Dikutip dari Mekanika, Delta 4 x 4 yang berlokasi di dekat ibu kota Munich itu telah menerima pesanan dari seorang konsumen, yang ingin memodifikasi mobil listriknya dengan penambahan kemampuan beroperasi di medan tanah dan berlumpur.

Untuk mewujudkan impian tersebut, Delta 4 × 4 melakukan sejumlah penyesuaian di bagian teknis. Modifikasinya pun tergolong ringan, sebab hanya merombak bagian kaki-kaki seperti ban dan pelek.

Modifikasi Tesla Model 3 jadi kendaraan off roadModifikasi Tesla Model 3 jadi kendaraan off-road Foto: Delta 4 x 4

Ban dan pelek bawaan dilengserkan dan diganti dengan profil pelek ukuran 18 x 8.5 yang dipasang pada keempat ban. Ukuran pelek ini disebut hampir menyamai ukuran pelek Tesla Model 3 pikap buatan modifikator Simone Giertz.

Pelek berukuran 18 inci itu kemudian dibalut oleh profil ban dengan sidewall lebih tinggi, yang menjadikan ground clearance (jarak terendah ke tanah) naik sekitar 40 mm.

Melengkapi kaki-kaki baru tersebut, sebuah lift kit ukuran 35 mm pun dipasang pada Tesla Model 3, yang ingin melahap jalanan tanah ini.

Modifikasi Tesla Model 3 jadi kendaraan off roadModifikasi Tesla Model 3 jadi kendaraan off-road Foto: Delta 4 x 4

Dengan ubahan minimalis seperti itu, tentunya jangan berharap banyak kemampuan Tesla Model 3 akan menyamai kemampuan off-road Toyota Land Cruiser ataupun Suzuki Jimny. Meski demikian, setidaknya modifikasi kaki-kaki Tesla Model 3 ini bisa membuat pengendaranya lebih percaya diri saat melewati jalanan rusak maupun jalanan non aspal.

Sekadar informasi, Tesla Model 3 merupakan varian sedan listrik termurah yang dibuat perusahaan milik Elon Musk. Saat baterai terisi penuh, mobil ini mampu mencapai jarak tempuh hingga 386 km, hingga 499 km. Di Indonesia, Tesla Model 3 dipasarkan dengan kisaran harga mulai Rp 1 miliaran.

Modifikasi Tesla Model 3 jadi kendaraan off roadModifikasi Tesla Model 3 jadi kendaraan off-road Foto: Delta 4 x 4


Simak Video "Mobil Listrik Anak Bangsa, Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com