Sony dan Honda Kolaborasi Bikin Perusahaan Mobil Listrik, Rilis Tahun 2025

M Luthfi Andika - detikOto
Jumat, 17 Jun 2022 12:45 WIB
Mobil listrik Sony Vision-S mulai unjuk gigi di jalanan umum
Mobil listrik Sony-Honda (Foto: SONY)
Jakarta -

Kolaborasi Sony-Honda melahirkan mobil listrik kian mendekati kenyataan. Dua perusahaan beda 'dunia' sudah meresmikan perusahaan kolaborasi 'Sony Honda Mobility' dan akan melahirkan produknya pada 2025.

Dikutip autoblog, perusahaan patungan 'Sony Honda Mobility' sahamnya dimiliki bersama-sama dengan kepemilikan 50:50. Kantor pusat perusahaan patungan ini akan berdiri di Tokyo, Jepang, serta akan memulai penjualan mobil listrik mereka pada 2025.

Sony dan Honda sudah menyelesaikan perjanjian mereka pada tahun ini, dan dikatakan keduanya akan membawa berbagai aset terbaik mereka untuk bisa melahirkan produk terbaik.

Menarik untuk dinantikan bagaimana hasil kolaborasi Honda dengan Sony ini. Tentu saja Honda menuangkan pengalaman panjangnya di dunia otomotif, di sisi lain Sony bakal membawa teknologi dan software terbaiknya.

Memang belum disampaikan secara pasti teknologi apa saja yang bakal ditawarkan mobil listrik kolaborasi Sony dan Honda ini. Akan tetapi sudah terbayang pastinya, berbagi fitur andalan Honda seperti Honda Sensing bakal tersemat di dalamnya. Sistem entertainment dan teknologi komunikasi diprediksi akan memiliki lompatan besar seiring kehadiran Sony.

Selain itu, mobil listrik Sony-Honda juga hampir dipastikan menggunakan jaringan penjualan milik Honda di mana pun berada.

The Sony Vision-S 02 electric SUV is debuted during the Sony news conference at the CES tech show, Tuesday, Jan. 4, 2022, in Las Vegas. (AP Photo/Joe Buglewicz)The Sony Vision-S 02 electric SUV is debuted during the Sony news conference at the CES tech show, Tuesday, Jan. 4, 2022, in Las Vegas. (AP Photo/Joe Buglewicz) Foto: AP/Joe Buglewicz

Diberitakan sebelumnya, Sony telah meluncurkan mobil listrik konsep Vision-S 02 pada ajang Consumer Electronic Show (CES) 2022 di Las Vegas, Amerika Serikat. SUV listrik itu akan menemani sedan listrik Sony Vision-S 01 yang telah diperkenalkan sebelumnya.

Membahas soal tampilan, Vision-S 02 mengadopsi bentuk kompak, sepintas menyerupai Tesla Model Y. Bagian fascia-nya mirip model Vision S-01, dengan ciri khas lampu depan LED yang dihubungkan lightbar di kap mesin. Berbeda dengan velg Vision-S 01, model 02 menggunakan velg 20 inci.

Bicara performa, mobil ini didukung sepasang motor listrik, satu di setiap poros, masing-masing menghasilkan 200 kW (268 tenaga kuda), dengan sistem penggerak all wheel drive (semua roda). Belum ada informasi spesifik seputar spek baterai atau daya tempuh, tetapi Sony mengklaim kecepatan tertinggi mobil ini bisa mencapai lebih dari 180 km/jam.



Simak Video "Sony Bakal Fokus Produksi PS5 di Tahun Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)