Persaingan Low MPV Panas! Suzuki Sebar Teaser Mobil Baru buat Lawan Avanza-Xpander?

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 29 Okt 2021 11:13 WIB
Mobil baru Suzuki
Mobil baru Suzuki Foto: Instagram @suzuki_id
Jakarta -

Di tengah ramainya kabar Toyota Avanza, Daihatsu Xenia generasi terbaru, dan Mitsubishi Xpander facelift, PT Suzuki Indomobil Sales tak mau ketinggalan menyiapkan mobil baru.

Suzuki Indonesia memang berencana meluncurkan produk baru dalam ajang GIIAS (Gaikindo Indonesia Intetnational Auto Show) 2021. Disebut ada dua mobil baru pada tanggal 11 November dan 16 November 2021.

Nah, melalui laman instagram resmi Suzuki, nampak sebuah potongan gambar mobil yang disebut istimewa.

"Sebuah keistimewaan dan kebanggaan akan membangun kepercayaan diri. Nantikan kehadiran sesuatu yang istimewa untuk kebanggaan keluarga Suzuki," tulis keterangan dalam unggahan tersebut seperti dilihat detikcom, Jumat (29/10/2021).

Bila melirik siluet tersebut, nampak potongan gambar memiliki kemiripan dengan Suzuki Ertiga Sport. Terutama pada bagian foglamp dan lampu daytime running light.

Pada postingan sebelumnya, Suzuki juga mengunggah foto Ertiga Sport utuh. Mungkinkah ini sinyal perlawanan Suzuki di kelas LMPV, dengan menghadirkan Ertiga Sport facelift?

Sebagai informasi, Ertiga Sport merupakan varian teratas. LMPV ini pertama kali diperkenalkan pada 2019 lalu. Sejak saat itu, Ertiga Sport belum mendapat penyegaran.

Suzuki Ertiga SS di GIIAS Surabaya 29 Maret 2019Suzuki Ertiga Sport Foto: Suzuki

Suzuki Ertiga merupakan model yang cukup populer dari brand Suzuki di pasar Indonesia. Model ini mengisi segmen mobil keluarga 7 penumpang, bersaing dengan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Honda Mobilio, Nissan Livina, dan Wuling Confero.

Mungkinkah dengan penyegaran Ertiga Sport ekaligus menjadi jawaban Suzuki Indonesia untuk bertarung di segmen mobil keluarga yang sedang 'panas'?

Bila melirik data penjualan, Suzuki menyebut sejak diluncurkan pada 2012 lalu. Mobil yang memberi warna baru di segmen LMPV ini sudah terjual (retail sales) sebanyak 314.531 unit. Tidak hanya di pasar dalam negeri, mobil buatan Cikarang ini juga sudah terdistribusi ke pasar ekspor sebanyak 103.744 unit.

"Pencapaian All New Ertiga menunjukkan kebanggaan New Ertiga sebagai produk yang tetap konsisten dalam penjualan, digemari konsumen tanah air dan juga sebagai produk yang berkontribusi melalui ekspor," ucap 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Dony Saputra.



Simak Video "Wajah Interior All New Suzuki Ertiga, Bisa Bersaing di Pasar Low MPV? "
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)