Toyota 'Ngamuk', Avanza Veloz Baru Dibekali Fitur Secanggih C-HR

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 17 Okt 2021 10:33 WIB
Toyota Avanza Generasi terbaru 2021-2022
Toyota Avanza Veloz terbaru dibekali fitur Electronic Parking Brake (EPB). Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Toyota Avanza terbaru memang belum resmi dirilis. Tapi wujud anyar mobil sejuta umat itu sudah bocor di media sosial. Dari foto-foto yang beredar, potret terbaru Avanza tersebut merupakan model Avanza Veloz. Dari penampakan interiornya, mobil ini dibekali fitur secanggih Toyota C-HR. Fitur apakah itu?

Wujud Toyota Avanza terbaru ternyata sudah bocor dan viral di media sosial. Beberapa potongan gambar memperlihatkan desain Avanza Veloz, baik itu dari bagian fascia, samping, maupun bagian belakangnya. Kalau dilihat-lihat, Avanza baru ini mirip seperti gabungan mobil SUV dan MPV.

Sebelumnya detikOto sudah mencoba mencari tahu kebenaran Avanza generasi terbaru. Salah seorang wiraniaga yang dihubungi detikOto mengamini foto yang viral tersebut, bahkan ia membagikan tampilan generasi terbaru Avanza. "Infonya begitu Pak, Veloz paling bagus modelnya," katanya.

Namun saat ditanya lebih lanjut, Sales Promotion tersebut masih enggan membocorkan perubahan apa saja yang akan ditawarkan Avanza terbaru. "Baru sampai di situ aja, belum ada info lebih lengkap," sambungnya.

Tak hanya tampilan eksteriornya, wujud interior Avanza Veloz terbaru ini juga sudah dipermak sedemikian rupa, sehingga jadi lebih modern dan tentunya lebih canggih.

Misalnya pada bagian head unit mobil ini, kini dibekali model panel layar digital dengan konsep mengambang alias floating, sehingga nuansanya menjadi lebih modern. Selain itu, konsol tengah tempat tuas persneling disematkan, kini juga dibuat lebih modern desainnya, serta tampak ada ambient light-nya.

Fitur electronic parking brake pada Toyota C-HRFitur electronic parking brake pada Toyota C-HR Foto: Dok. Toyota Astra Motor (TAM)

Salah satu bagian yang menarik di konsol tengah ini adalah tidak adanya tuas rem tangan (parking brake) seperti di model Avanza Veloz sebelumnya. Dan tampak di antara tuas persneling dan kompartemen penyimpanan konsol tengah tersebut ada sebuah tombol yang diyakini Electronic Parking Brake (EPB).

Ya, Avanza Veloz terbaru ini kemungkinan besar sudah dibekali fitur rem tangan elektronik. Fitur ini cukup jarang ditemui di mobil-mobil Toyota yang punya segmen menengah ke bawah atau mobil-mobil di kelas low MPV. Fitur rem tangan elektronik ini bisa dijumpai di model SUV mewah mereka, Toyota C-HR.

Secara tampilan, rem tangan elektronik lebih simpel dan modern, tidak seperti parking brake konvensional yang mengandalkan tuas dan tenaga saat ingin mengoperasikannya. Untuk mengaktifkan dan menonaktifkan rem tangan elektronik ini pun cukup mudah, tinggal tekan tombol dengan logo 'P'.

(lua/riar)