7 Alasan Mengapa Toyota Avanza Jadi Mobil Sejuta Umat

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 17 Okt 2021 07:42 WIB
Harga mobil LCGC atau mobil murah bakal naik karena kena pajak 3%. Meski tak signifikan harga mobil LCGC akan semakin nyerempet dengan Low MPV.
Toyota Avanza mendapat mobil julukan sejuta umat. Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Sejak generasi pertamanya hadir di tahun 2003, Toyota Avanza langsung menjadi pemimpin pasar di segmen mobil low MPV (Multi Purpose Vehicle). Angka penjualan mobil ini pun telah menembus 1 juta unit. Apa saja faktor yang membuat mobil ini laris manis bak kacang goreng?

Sebagai informasi, hanya butuh waktu 9 tahun bagi Avanza untuk menembus angka penjualan 1 juta unit. Angka itu sangat fenomenal, mengingat Toyota Kijang yang merupakan salah satu mobil populer di Indonesia, harus menunggu sampai 26 tahun untuk mencapai penjualan 1 juta unit.

Kendati saat ini segmen low MPV semakin banyak pilihannya, Avanza tetap menjadi salah satu pilihan utama konsumen Indonesia. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat bahwa Avanza menjadi mobil terlaris September 2021, dengan angka wholesales 7.351 unit.

Dijelaskan Auto2000 dalam keterangan resminya, ada 7 alasan mengapa Toyota Avanza laris manis, hingga peredaran mobil ini di jalan raya sangat banyak dan kemudian dijuluki mobil sejuta umat. Apa saja?

1. Pilihan Model Lengkap

Saat ini tersedia sekitar 20 pilihan model Toyota Avanza, terdiri atas 12 model Avanza dan 8 model Avanza Veloz. Masing-masing model terdiri atas pilihan mesin 1.300 cc dan 1.500 cc Dual VVT-i, serta pilihan transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed. Alhasil calon pemilik Avanza memiliki ragam opsi model yang bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan.

2. Harga Kompetitif

Beberapa pembeli mobil sering menimbang untuk mendapatkan value lebih besar dibanding harga pembelian mobil. Avanza menjadi pemenang di penilaian ini. Ditambah diskon Pajak PPnBM 100%, Auto2000 memberi banderol model termurah Avanza 1.3 E STD M/T sebesar Rp 187.600.000. Jelas sangat unggul. Lalu model flagship Avanza 1.5 Veloz A/T GR Limited dengan tampilan sporty serta segudang fitur canggih hanya dihargai Rp 247.850.000.

3. Desain Eksterior Terkini dan Modern

Kedatangan Veloz GR Limited terbaru merupakan bukti keseriusan Toyota menjaga daya pikat Avanza. Model terbatas hasil karya anak bangsa ini tampil penuh rasa percaya diri berkat aplikasi New GR Front Bumper Spoiler Design, New GR Front Lower Grille Ornament with GR Emblem, New GR Rear Bumper Spoiler Design, New Black Outer Mirror, dan New Black Paint Alloy Wheel.

4. Daya Angkut Kabin Memadai

Pembeli mobil di Indonesia menempatkan daya angkut maksimal sebagai syarat penting yang harus dipertimbangkan. Terutama untuk MPV yang dipakai dalam berbagai aktivitas, mulai ke kantor, sekolah, mal, liburan, hingga mudik lebaran. Hasilnya, Avanza punya daya angkut penumpang hingga 7 orang dengan tetap menjaga kapasitas bagasi yang luas.

5. Deretan Fitur Lengkap dan Modern

Fitur Side Impact Beam, rem ABS dan Dual SRS Airbags merupakan kelengkapan standar pada Avanza. Immobilizer memungkinkan kendaraan tidak akan menyala jika tidak menggunakan kunci asli dan child seat ISOFIX untuk keluarga dengan anak balita, di mana seluruh baris bangku sudah ada 3-points seat belt. Fitur hiburan model termewah Avanza memakai layar sentuh besar dan dapat terkoneksi dengan DVD, CD, AM/FM, USB, AUX, Bluetooth & Ipod ready.

6. Mesin Bertenaga, Irit, dan Tangguh

Memanfaatkan teknologi katup variabel Dual VVT-i yang efisien, baik Toyota Avanza 1.3 dan 1.5 punya tenaga memadai dan tidak haus meminum bahan bakar. Sebagai padanannya tersedia pilihan transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed yang andal. Ditambah, Avanza terbukti tangguh di segala medan jalan, memiliki daya tahan komponen tinggi, dan diminati konsumen di berbagai wilayah.

7. Nilai Jual Kembali Menjanjikan

Selain harga beli terjangkau, nilai jual kembali alias resale value merupakan salah satu syarat utama waktu ingin membeli mobil baru. Harapannya, harga jual bekasnya tetap menguntungkan walau kendaraan sudah lama digunakan. Bermodalkan keunggulan produk yang sudah teruji sekian lama, harga pasaran mobil bekas Avanza terbilang menjanjikan bagi pemilik yang ingin menjualnya kembali.

(lua/riar)