Lampu Sein hingga Mesin Bermasalah, Hyundai Recall Sonata dan Santa Fe

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Kamis, 07 Okt 2021 14:58 WIB
Logo Hyundai
Ilustrasi logo Hyundai Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Pabrikan mobil asal Korea Selatan, Hyundai pada awal Oktober 2021 ini mengabarkan adanya recall untuk unit Hyundai Sonata. Sebelumnya, model yang sama dari Hyundai ini juga mendapat program recall pada bagian mesinnya. Tak hanya Sonata, Hyundai Santa Fe pun masuk dalam daftar recall mesin.

Dilansir dari Road Show, National Highway Traffic Safety Administration mengindikasi sebanyak 466.109 Hyundai Sonata mengalami malfungsi lampu sein ini. Kerusakannya diindikasi berdasarkan software, yang gagal menampilkan arah lampu sein yang tepat.

Hyundai mengatakan perangkat software Smart Junction Box mungkin tidak menafsirkan input dengan benar ketika pengemudi menyalakan lampu sein.

Menurut Road Show sebagai ilustrasi, ketika pengendara menyalakan tanda lampu sein ke arah kanan, lampu sein mobil justru menyala pada arah kiri.

Masalah ini secara spesifik berdampak pada Hyundai Sonata lansiran 2015 hingga 2017. Selain itu, pada Hyundai Sonata Hybrid dan Plug-in Hybrid lansiran 2016 hingga 2017.

Sedangkan untuk recall pada bagian mesin, dilansir dari laman Hyundai Engine Info, recall ini sudah dikoordinasikan oleh pihak Hyundai dengan National Highway Traffic Safety Administration. Adanya malfungsi di bagian mesin ini dapat membuat mesin knocking, hingga terbakar.

"Hyundai telah melakukan beberapa penarikan untuk mengatasi masalah manufaktur yang dapat menyebabkan kegagalan mesin dan dalam keadaan tertentu kebakaran mesin," tulis Hyundai Engine Info di laman resminya.

"Sementara sebagian besar insiden di antara kendaraan yang terkena (recall), dampak terbatas pada mesin knocking, ada beberapa kejadian mogok, yang berarti mesin dapat berhenti berjalan saat kendaraan sedang dikendarai," lanjut mereka.

Menurut Hyundai, beberapa gejala yang mungkin terjadi adalah adanya bunyi ketukan dari mesin yang frekuensinya meningkat seiring dengan meningkatnya putaran mesin. Lalu bisa juga berkurangnya daya atau muncul getaran di mesin.

Indikasi lainnya adalah tiba-tiba muncul tanda 'check engine' dan tanda peringatan tekanan oli mesin di instrumen kluster. Jika ini terjadi, menurut Hyundai segera bawa mobilnya ke dealer resmi untuk diinspeksi.

Recall pada area mesin ini dilakukan oleh Hyundai kepada model Sonata lansiran 2011 hingga 2014, Santa Fe 2012, Santa Fe Sports 2013 hingga 2014, Velosters 2015 hingga 2016, dan Sonata Hybrid lansiran 2011 hingga 2013 dan 2016.

Model yang masuk secara resmi ke Indonesia adalah Hyundai Sonata dan Hyundai Santa Fe. Perlu diketahui Hyundai Sonata sempat beredar di Indonesia dan masuk secara resmi melalui Hyundai Mobil Indonesia. Namun, model terakhir dari Sonata yang mengaspal di Indonesia adalah model tahun 2012 dan penjualannya selesai pada 2013.



Simak Video "Yuk! Cobain yang Baru dari Santa Fe"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)