Hyundai dan Kia Recall 600 Ribu Unit Mobil Karena Masalah di Kait Bagasi

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Jumat, 20 Agu 2021 18:44 WIB
The logo of Hyundai Motor is seen on a glass door at a dealership in Seoul on October 26, 2016.
South Koreas Hyundai Motor on October 26 announced a sharp fall in profits for a third quarter, hit by lengthy industrial action that also took a toll on the national economy.  / AFP PHOTO / JUNG YEON-JE
Hyundai dan Kia akan melakukan recall pada ratusan ribu kendaraan di Amerika Serikat (AFP PHOTO / JUNG YEON-JE)
Jakarta -

Hyundai dan Kia akan menarik kembali sejumlah tipe mobil yang telah dijual di Amerika Serikat. Hal ini disebabkan adanya kerusakan pada komponen pengait bagasi yang tidak bisa dibuka dari dalam mobil.

Dikutip dari Carscoops, Hyundai dan Kia menemukan sejumlah kerusakan pada komponen pengait bagasi. Jika dibiarkan dalam waktu lama, hal ini menyebabkan pelepasan darurat bagasi menjadi gagal sehingga bagasi terus terkunci.

Akibatnya, Hyundai dan Kia harus melakukan recall sebanyak lebih dari 600.000 unit mobil sedan yang telah terjual di Amerika Serikat. Dengan rincian, 348.158 unit mobil dari Hyundai dan 253.074 unit datang dari Kia.

Penarikan tersebut mencakup sejumlah unit mobil sedan dari Hyundai dan Kia meliputi Hyundai Accent produksi 2018 sampai 2020, Hyundai Azera produksi 2016 hingga 2017, Hyundai Sonata produksi 2016 sampai 2018, dan Hyundai Sonata Hybrid produksi 2016 hingga 2018.

Sementara untuk Kia datang dari tipe Kia Forte dan Forte Koup produksi tahun 2016 sampai 2018, serta Kia Rio produksi 2018 hingga 2019.

Untuk menanggapi masalah tersebut, produsen otomotif asal Korea Selatan ini telah menghadirkan suku cadang pengganti. Sehingga, pengait bagasi bisa terbuka dengan normal kembali dan diklaim punya komponen lebih kokoh.

Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya AS (National Highway Traffic Safety Administration/NHTSA) menyatakan kerusakan itu tidak menyebabkan cedera penumpang, namun menimbulkan bahaya apabila ada seseorang atau anak yang terjebak di dalam bagasi yang tak bisa terbuka.

Pemilik kendaraan Hyundai dan Kia yang terdampak akan medapat pemberitahuan melalui surat elektronik dan diarahkan untuk membawa mobilnya ke dealer terdekat. Nantinya, masalah pada pengait bagasi akan diganti dengan peranti yang baru dan lebih aman.

Pihak dealer akan diberi arahan mulai 30 September mendatang, sementara pemilik mulai mendapatkan informasi seputar recall pada 5-8 Oktober. Hyundai dan Kia memastikan biaya penggantian komponen pengait bagasi dilakukan secara gratis.



Simak Video "Punya Pabrik di RI, Harga Mobil Listrik Hyundai Bakal Lebih Murah?"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)