Puluhan Ribu Mitsubishi Xpander Belum Ikut Recall Perbaikan Fuel Pump, Yuk Segera!

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 03 Agu 2021 18:45 WIB
Hari Kedua Ekspedisi Xpander 2.000 KM Jawa

Tim detikcom melanjutkan perjalanan Ekspedisi Xpander 2.000 KM Jawa pada hari kedua, Kamis (23/5/2019). Pada hari kedua ini tim Ekspedisi Xpander 2.000 KM Jawa menempuh perjalanan sejauh 427,2 dari Semarang hingga ke Malang. Grandyos Zafna/detikcom
Mitsubishi Xpander produksi 2017 - 2019 mengalami masalah pada komponen fuel pump Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Mitsubishi masih menggelar kampanye recall pada komponen fuel pump model Low MPV terlarisnya, Xpander. Sebanyak 30 persen pemilik mobil Xpander belum mengikuti program yang sudah bergulir sejak Juni 2020.

"Waktu itu kita ada launching pemeriksaan ataupun penggantian komponen di fuel pump, sampai saat ini progress-nya sudah sampai 71 persen lebih. Ini masih berjalan," ucap General Manager of After Sales Division PT MMKSI, Boediarto saat konferensi virtual, Selasa (3/8/2021).

"Kita tetap (melaksanakan perbaikan, Red) bagi konsumen yang nomor rangka yang kendaraannya terlibat, silahkan datang ke dealer,"sambung dia.

Seperti diketahui Mitsubishi Xpander memiliki masalah pada fuel pump atau pompa bahan bakar yang harus diperbaiki. Mobil yang terkena dampak adalah Xpander produksi tahun 2017 sampai 2019. Total recall Xpander sebanyak 139.111 unit. Artinya 70 persen atau sekitar 90 ribuan mobil Xpander sudah datang melakukan perbaikan, sementara 40 ribuan unit belum memanfaatkan program kampanye tersebut.

Berdasarkan investigasi yang dilakukan, ditemukan fuel pump di dalam tangki dapat berhenti beroperasi, yang berpotensi mengakibatkan mesin tidak dapat dinyalakan atau berhenti bekerja. Kemungkinan penyebabnya adalah impeller memuai dan berubah bentuk, kemudian bergesekan dengan bagian di sekitarnya, sehingga impeller tersebut berhenti berputar.

"Sampai saat ini keluhan dari konsumen yang mengalami itu, sudah hampir tidak ada yang masuk," ujar Boediarto.

Kampanye perbaikan dilakukan untuk melakukan pemeriksaan pada label modul fuel pump Xpander dan melakukan pergantian unit fuel pump dengan yang sudah disempurnakan. Estimasi pelaksanaan pemeriksaan sekitar 1 jam/unit dan proses pemeriksaan dan perbaikan sekitar 2 jam/unit.

Bagaimana jika ingin memastikan mobil Xpander-mu aman dari recall komponen fuel pump ini?

Di masa pandemi virus Corona (COVID-19), pemilik Xpander juga bisa memanfaatkan layanan home service untuk mengikuti kampanye recall ini. Atau, bisa juga datang langsung ke dealer resmi terdekat.

Bagi yang ingin datang ke dealer, konsumen dapat datang ke dealer resmi Mitsubishi Motors untuk melaksanakan pemeriksakan pada kendaraannya. Jika ID produk Fuel Pump sesuai dengan daftar mobil terlibat di program ini, maka konsumen akan mendapatkan penggantian part fuel pump yang sudah disempurnakan. Untuk memudahkan pelaksanaan kampanye perbaikan konsumen dapat mengatur jadwal pemeriksaan dengan memanfaatkan fasilitas service booking melalui Mitsubishi Motors Customer Care maupun aplikasi My Mitsubishi ID.

Atau, konsumen juga bisa memanfaatkan layanan home servis di mana pelaksanaan kampanye perbaikan dilakukan di rumah konsumen, sebagai pilihan tambahan dari opsi datang langsung ke dealer. Bila ID produk Fuel Pump sesuai dengan daftar mobil terlibat di program ini maka konsumen akan mendapatkan penggantian part fuel pump yang sudah disempurnakan. Konsumen dapat mengatur jadwal pemeriksaan dengan memanfaatkan fasilitas service booking melalui Mitsubishi Motors Customer Care maupun aplikasi "My Mitsubishi ID".

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kampanye perbaikan dan melakukan service booking untuk kemudahan pengaturan waktu perbaikan, konsumen dapat menghubungi Mitsubishi Motors Customer Care di 0804-1-300-300, maupun menggunakan aplikasi My Mitsubishi ID. Informasi lokasi dan kontak diler terdekat dapat dilihat di www.mitsubishi-motors.co.id/cari-dealer



Simak Video "Duh! Ternyata Ini yang Bikin Mitsubishi Xpander Cross Kena Recall"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)