Spesifikasi Wuling Zhengcheng: Ada 4 Varian, Harga Mulai Rp 167,2 Juta

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 03 Sep 2021 10:16 WIB
Wuling Zhengcheng
Wuling Zhengcheng. Foto: Dok. Wuling
Jakarta -

Wuling Zhengcheng resmi dirilis di China. MPV bongsor ini merupakan kendaraan multifungsi yang bisa digunakan sebagai kendaraan niaga maupun mobil keluarga. Wuling Zhengcheng dijual dalam 4 varian dengan harga mulai Rp 167,2 juta. Yuk intip spesifikasinya.

General Motors bersama rekanan usahanya di China, SAIC Motor dan Liuzhou Wuling, memperkuat posisinya di segmen kendaraan multiguna dengan tipe mobil yang menawarkan ruang interior besar untuk kebutuhan mobil keluarga maupun kendaraan komersial.

SAIC-GM-Wuling resmi meluncurkan MPV bongsor terbaru mereka yang dinamakan Wuling Zhengcheng. Mampu mengangkut hingga 9 penumpang, mobil ini bersaing dengan Toyota HiAce.

Berikut spesifikasi Wuling Zhengcheng:

Dimensi dan Konfigurasi Kursi

All New Wuling Zhengcheng MPV hadir dengan bentuk yang lebih mengkotak untuk memaksimalkan bagian interior. Tampilan luarnya cukup mewah dengan warna pilar senada warna jendela, sehingga menampilkan kesan atap mengambang atau floating roof. Mobil ini juga memakai pelek lima palang sporty.

Dari segi dimensi, Zhengcheng memiliki panjang 5.150 mm, lebar 1.840 meter, tinggi 1.895 mm, dan jarak sumbu roda 3.180 mm. Generasi kedua mobil ini ditawarkan dalam dua varian: versi dasar komersial dengan dua kursi dan jendela belakang tertutup, dan MPV tujuh, delapan atau sembilan kursi yang bisa digunakan sebagai kendaraan keluarga.

Wuling ZhengchengKonfigurasi kursi Wuling Zhengcheng Foto: Dok. Wuling

Selain menyediakan berbagai kombinasi untuk membawa penumpang hingga empat baris kursi dengan tata letak 2+2+2+3, kursi belakang MPV bongsor tersebut dapat diputar dan dilipat untuk menyesuaikan interior dengan berbagai kebutuhan.

Pintu geser yang berada di kedua sisi juga memudahkan proses masuk dan keluar penumpang serta bongkar muat barang, menjadikannya model paling praktis dan serbaguna di kelasnya.

Wuling ZhengchengWuling Zhengcheng versi kendaraan komersial Foto: Dok. Wuling

Mesin dan Konsumsi Bahan Bakar

Bicara jantung mekanis, Wuling Zhengcheng hanya dibekali satu pilihan mesin, yakni 1.500 cc turbocharged, yang dikombinasi dengan transmisi manual enam percepatan. Mesin itu bisa menghasilkan 145 dk dan torsi 249 Nm. Konsumsi bahan bakarnya diklaim bisa mencapai 7,6 liter per 100 km.

Dengan harganya yang sangat murah, mobil ini pun membawa spesifikasi yang sesuai dengan banderolnya. Contoh bagian suspensinya masih pakai per jenis daun (leaf spring) yang disebut Wuling sebagai 12-leaf high-strength.

Keunggulan utama Wuling Zhengcheng tentunya ada di kemampuan akomodasinya. Zhengcheng memiliki volume penyimpanan hingga 1.737 liter ketika menggunakan konfigurasi kursi 7/8 penumpang. Kemudian saat jok belakang dicopot, kapasitas bagasinya bisa mencapai 2.480 liter.

Wuling ZhengchengWuling Zhengcheng versi mobil keluarga Foto: Dok. Wuling

Varian dan Harga

Saat ini Wuling Zhengcheng hanya dipasarkan di China dengan varian dan harga sebagai berikut:

1. Zhengcheng Commercial: 75.800 CNY (Rp 167,2 juta)

2. Zhengcheng Comfort: 75.800 CNY (Rp 167,2 juta)

3. Zhengcheng Luxury: 83.800 CNY (Rp 184,9 juta)

4. Zhengcheng Luxury Plus: 90.800 CNY (Rp 200,3 juta)

(lua/lth)