Mulai Maret Avanza Cs Lebih Murah, di Filipina Malah Tambah Mahal

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 25 Feb 2021 13:07 WIB
Kegiatan ekspor mobil terus dilakukan meski di tengah pandemi COVID-19. Pasalnya, kegiatan ekspor merupakan salah satu pemasukan devisa ke negara.
Harga mobil Avanza hingga Rush di Filipina lebih mahal karena kebijakan pembatasan impor. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Pemerintah Indonesia mulai bulan depan akan memberlakukan diskon pajak mobil baru. Pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) akan dikorting hingga 100%.

Relaksasi pajak mobil baru itu mulai berlaku Maret 2021. Pada tiga bulan pertama, diskon pajak mencapai 100%, artinya mobil baru tak dikenakan PPnBM sama sekali.

Dengan relaksasi pajak mobil baru, harga mobil mulai bulan depan akan lebih murah. Bahkan, kabarnya diskonnya mencapai puluhan juta rupiah.

Diskon pajak mobil baru ini diwacanakan untuk bisa membangkitkan industri otomotif. Seperti diketahui, industri otomotif merupakan salah satu penyumbang produk domestik bruto (PDB) yang cukup besar. Tenaga kerja yang diserap di industri otomotif pun jutaan orang. Kebijakan ini diharapkan bisa turut membangkitkan ekonomi Indonesia.

Di Indonesia harga mobil akan turun seiring relaksasi PPnBM, tapi berbeda cerita di Filipina. Di sana, mulai 1 Maret 2021, harga Avanza cs bakal semakin mahal. Kenapa?

Produsen mobil di Filipina mengumumkan kenaikan harga menyusul langkah pengamanan baru Departemen Perdagangan dan Industri (DTI). Diberitakan sebelumnya, Departemen Perdagangan dan Industri (DTI) Filipina memberlakukan safeguard berupa bea masuk tindakan pengamanan perdagangan sementara (BMTPs) atas impor mobil penumpang dan kendaraan niaga ringan. Safeguard merupakan upaya melindungi produk lokal dari serbuan impor produk serupa yang dinilai mengancam kelangsungan industri dalam negeri.

Mobil yang diimpor ke Filipina dari berbagai negara, termasuk Indonesia akan dikenakan tarif yang lebih besar. Toyota Motor Philippines mengumumkan, harga mobil Toyota Avanza, hingga Toyota Rush akan semakin mahal.

Diberitakan Autoindustriya, mulai 1 Maret 2021 beberapa kendaraan Toyota dikenakan biaya tambahan sebesar 78.400 peso dan 123.200 peso. Kendaraan Toyota yang dikenakan biaya tambahan 78.400 peso atau setara Rp 22,7 juta itu adalah Toyota Wigo (kembaran Agya), Toyota 86, Avanza, Camry G, Rush, Corolla, Corolla Cross, Yaris, FJ Cruiser, Fortuner, dan RAV4. Sementara Hilux dan Hiace Cargo dikenakan biaya tambahan 123.200 peso atau sekitar Rp 35,6 juta.

Mobil-mobil tersebut diimpor ke Filipina dari berbagai negara. Mobil seperti Avanza, Rush, Wigo (Agya) dan Fortuner, dikirim langsung dari Indonesia dalam bentuk utuh.

Toyota Filipina dan dealernya belum secara resmi menyebutnya sebagai kenaikan harga. Sebaliknya, pengumuman mengatakan bahwa ini adalah "setoran tunai" tambahan yang harus dibayar oleh pembeli di luar harga saat ini.



Simak Video "Perjalanan Istimewa ke Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)