Round-Up

Mobil Buatan Indonesia yang 'Dijahili' Kebijakan Impor Filipina

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 28 Jan 2021 10:13 WIB
Kegiatan ekspor mobil terus dilakukan meski di tengah pandemi COVID-19. Pasalnya, kegiatan ekspor merupakan salah satu pemasukan devisa ke negara.
Ekspor mobil. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Pemerintah Filipina mengeluarkan kebijakan untuk mengontrol impor mobil ke negaranya. Ekspor mobil Indonesia ke Filipina bisa terganggu karena kebijakan baru itu.

Departemen Perdagangan dan Industri (DTI) Filipina akan memberlakukan safeguard berupa bea masuk tindakan pengamanan perdagangan sementara (BMTPs) atas impor mobil penumpang dan kendaraan niaga ringan. Safeguard merupakan upaya melindungi produk lokal dari serbuan impor produk serupa yang dinilai mengancam kelangsungan industri dalam negeri.

Kebijakan itu membuat Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi kesal lantaran produk ekspor Indonesia dikerjai Filipina.

"Industri berteknologi tinggi kita juga dijahilin, kita juga diganggu. Contoh yang saya lagi kesal gitu kan ya kita ini menjual kira-kira US$ 1,5 miliar mobil kita ke Filipina. Nah, Filipina ini sekarang menetapkan safeguard untuk industri mereka di Filipina dari mobil kita," kata dia dalam MGN SUMMIT 2021 ECONOMIC RECOVERY, Rabu (27/1/2021).

Filipina merupakan salah satu tujuan ekspor mobil terbesar Indonesia. Saban tahun, ekspor mobil buatan Indonesia ke negara tersebut tercatat puluhan ribu unit.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), beberapa mobil yang dijual di Indonesia juga dikirim ke Filipina. Pabrik otomotif di Indonesia seperti Toyota, Daihatsu, Suzuki, hingga Mitsubishi mengirim mobil-mobilnya ke Filipina.

Adapun mobil buatan Indonesia yang diekspor ke Filipina antara lain Toyota Fortuner dan Toyota Innova (diproduksi oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia), Toyota Avanza, Toyota Rush, dan Toyota Wigo atau kembaran Agya/Ayla (diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor), Mitsubishi Xpander, Mitsubishi Xpander Cross, Suzuki Ertiga, Suzuki APV, Suzuki Carry, Suzuki XL7, Honda Brio, hingga kendaraan komersial dari Hino.

[Lanjut halaman berikutnya: Seberapa Banyak Ekspor Mobil ke Filipina?]

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Jokowi Lepas Ekspor Perdana 6.000 Mobil Pikap ke Filipina"
[Gambas:Video 20detik]