Warna Pengaruhi Harga Jual Mobil BMW Bekas Nggak Ya?

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 23 Nov 2020 16:50 WIB
BMW Astra Used Car
Ilustrai mobil BMW bekas Foto: BMW Astra Used Car
Jakarta -

Pemilihan warna mobil biasanya disesuaikan dengan keinginan masing-masing konsumen. Tapi saat ingin menjual kembali mobil, faktor warna ini jangan Anda sepelekan, karena disebut bisa bikin harga mobil lebih anjlok. Apakah hal ini juga berlaku bagi mobil BMW bekas yang dijual di BMW Astra Used Car?

"Prinsipnya warna ini memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing, di mana setiap warna punya market," kata Kepala Cabang BMW Astra Used Car, Terry dalam konferensi pers, Senin (23/11/2020).

BMW Astra Used Car, dealer resmi jual-beli BMW bekas di Indonesia menyiapkan dana Rp 100 Miliar untuk membeli mobil-mobil BMW bekas. Menurut Terry, pertimbangan utama yang membuat harga jual kembali mobil jatuh adalah soal fisik dan kondisi mobil itu sendiri.

"Menurut kami dari BMW Astra Used Car kami tidak akan mempermasalahkan perihal warnanya, harga yang akan kami atur lebih ke kondisi kendaraan," jelas Terry.

Keunggulan yang ditonjolkan membeli mobil bekas BMW pada diler resmi ialah mendapatkan mobil yang tidak sembarangan karena melalui proses inspeksi terlebih dahulu. Di sisi lain mobil yang dijual ini harus memiliki sejarah servis dari dealer-dealer resmi BMW, serta akan dilakukan pengecekan kualitas secara total 360 derajat.

"Syarat pembelian mobil yang kita beli tidak lebih dari 7 tahun. Syarat tambahan lainnya yang tidak bisa ditawar lagi, harus kita pastikan tidak memiliki record bekas banjir, atau bekas accident," ungkapnya.

Warna favorit mobil di dunia

Meski dua warna mobil yakni putih atau hitam masih jadi kelir favorit bagi pemilik mobil di dunia. Bahkan, warna putih jadi yang pilihan terbanyak sepanjang 2019 lalu.

Menurut riset yang dilakukan perusahaan coating BASF yang diwartakan CNBC, warna akromatik seperti putih, hitam, dan abu-abu masih mendominasi warna mobil.

Sebanyak 39 persen mobil di dunia adalah putih, sedangkan hitam, abu-abu dan silver juga menyumbang angka sebesar 39 persen. Ini artinya sekitar hampir 80 persen, warna-warna mobil di dunia merupakan warna akromatik.

Sedangkan sekitar 22 persen warna mobil lainnya ialah warna kromatik. Warna yang paling populer adalah biru - sekitar 9% mobil memiliki warna itu, dan hanya 7% kendaraan yang dicat merah.

Khusus di wilayah Asia-Pasifik termasuk Indonesia, 49 persen pemilik mobil lebih memilih warna putih paling tinggi dari wilayah lainnya. Pearl White jadi warna yang paling populer, sedangkan warna hitam lebih rendah, kebanyakan orang memilih hitam karena mengekspresikan kesan sporty.



Simak Video "Begini Rasanya CBR150R dengan Aura Big Bike"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)