Meski Gagal Juara Dunia, Quartararo Dikasih Hadiah Mobil BMW

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Minggu, 22 Nov 2020 14:16 WIB
Fabio Quartararo Dapat Mobil Gratis dari BMW
Fabio Quartararo dapat hadiah BMW M2 CS. Foto: Dok. BMW
Jakarta -

Fabio Quartararo gagal merebut gelar juara dunia MotoGP 2020. Harapan jadi juara dunia buat Quartararo pupus karena dia crash saat balapan MotoGP Valencia akhir pekan lalu. Pada akhirnya, pebalap Suzuki, Joan Mir, dengan mulus menjadi juara dunia motoGP 2020.

Meski begitu, Quartararo diganjar hadiah sebuah mobil keren dari BMW. Berkat kemampuan Quartararo sebagai pebalap dengan kualifikasi tercepat di MotoGP, pebalap asal Prancis itu diberi hadiah spesial BMW M2 CS. Mobil keren itu menjadi imbalan dari BMW M Award untuk Quartararo atas penampilan kualifikasi MotoGP yang baik.

Quartararo mengklaim pole position sebanyak empat kali di musim ini. Itu lebih banyak daripada rival-rivalnya. Alhasil, Quartararo meraih total 225 poin utnuk klasifikasi BMW M Award, selisih 13 poin dari pesaing terdekatnya.

Kemenangan Quartararo di musim 2020 mengakhiri rekor impresif Marc Marquez yang memenangkan BMW M Award tujuh tahun berturut-turut antara 2013 hingga 2019. Namun, tahun ini Marquez melewatkan sebagian besar musim MotoGP 2020 karena cedera.

"Musim yang gila dan mengasyikkan. Saya senang bisa memenangkan perlombaan untuk BMW M Award," kata Quartararo. "Sangat menyenangkan bahwa BMW M GmbH telah mengakui kinerja kami di kualifikasi dengan hadiah khusus ini selama bertahun-tahun. Terima kasih banyak atas pengakuan ini. Saya sudah sangat menantikan untuk mencoba BMW M2 CS baru saya. Ini terlihat seperti mobil balap untuk jalanan dan tidak diragukan lagi sangat menyenangkan. Terima kasih banyak untuk BMW M GmbH!"

Fabio Quartararo Dapat Mobil Gratis dari BMWFabio Quartararo Dapat Mobil Gratis dari BMW Foto: Dok. BMW

CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta, turut memberikan ucapan selamat kepada Quartararo. Menurutnya, penampilan Quartararo sangat mengesankan saat kualifikasi.

"Saya ingin berterima kasih kepada mitra lama kami yang dapat diandalkan, BMW M GmbH, yang atas dukungannya selalu dapat kami andalkan, bahkan di tahun ini bukanlah tahun yang mudah. Tidak pernah ada keraguan bahwa BMW M Award untuk kualifikasi tercepat akan dihadirkan musim ini juga; meskipun itu musim yang sangat berbeda dari biasanya. Kompetisi ini sangat dihargai oleh pebalap kami dan dengan mobil pemenangnya, BMW M GmbH menaikkan standarnya sekali lagi. Anda dapat melihat bahwa BMW M2 CS lahir di arena pacuan kuda dan saya yakin ini akan membuat jantung balap motor Fabio berdebar kencang," kata Ezpelata.

BMW M2 CS adalah mobil edisi khusus eksklusif dan terbatas pertama dari BMW M GmbH di kelas premium compact. Mobil berperforma tinggi mengandung banyak komponen yang dikembangkan untuk balap.

Fabio Quartararo Dapat Mobil Gratis dari BMWFabio Quartararo Dapat Mobil Gratis dari BMW Foto: Dok. BMW

BMW M2 CS dibekali mesin 6 silinder segaris dengan teknologi M TwinPower Turbo. Mesin berkapasitas 3.0 liter itu mampu menghasilkan tenaga hingga 450 daya kuda dengan torsi maksimal 550 Nm. Performa ini dibawa ke jalan raya dengan transmisi kopling ganda 7-percepatan M (M DCT) dan suspensi Adaptive M.

BMW M2 CS berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam 4,0 detik. Kap karbon lebih ringan 50 persen dan dengan ventilasi udara sentral yang mencolok meningkatkan downforce dan meningkatkan pendinginan engine. Atapnya dibuat dari plastik yang diperkuat serat karbon (CFRP).

Tampilan sporty BMW M2 CS berlanjut di interior. Pada kabin BMW M2 CS terdapat jok M Sports yang ringan dengan desain bucket-style dan sandaran kepala terintegrasi serta setir M Sports.



Simak Video "Balada Quartararo: Manis-manis Dahulu, Pahit Kemudian"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lua)