Toyota Supra dan BMW Z4 Direcall Akibat Tangki Bensin Bocor

Rizki Pratama - detikOto
Senin, 23 Nov 2020 13:17 WIB
Toyota Supra dan BMW Z4
Toyota Supra dan BMW Z4 direcall. Foto: Autoblog
Jakarta -

Toyota Supra dan BMW Z4 kembali harus ditarik demi keselamatan para pemiliknya. Akibat ada permasalahan dalam mobil yang berisiko menyebabkan kebakaran jika tidak segera diperbaiki.

Laporan penarikan ini diumumkan lewat National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA). Sejauh ini belum ada juga korban jiwa atau korban luka atas bahaya tersebut.

Penarikkan ini terdaftar sebagai NHTSA Campaign Number 20V700000. Lebih jelasnya, masalah ada pada tangki bahan bakar yang tidak dilas dengan benar pada unit BMW Z4 yang diproduksi dari 26 Juni 2019 hingga 9 Juli 2020, dan unit Toyota Supra yang dibuat dari 19 April 2019 hingga 16 Juli 2020.

Menurut dokumen NHTSA, pengelasan antara dua bagian tangki bahan bakar mungkin tidak dilakukan sesuai spesifikasi. Karena kualitas pengelasan yang dipertanyakan, kebocoran bahan bakar dapat terjadi yang dapat menyebabkan kebakaran jika ada sumber api.

Solusinya solusi dari masalah ini adalah tangki bahan bakar harus dilas lagi. Tentunya penarikkan dan perbaikan ini tidak memakan biaya alias gratis.

Dari laporan NHTSA, ada 49 unit yang terkena penarikan. 14 BMW Z4 dan 35 Toyota Supra. Angka VIN yang terkena penarikkan ini tidak diungkapkan dalam dokumen, tetapi jika Anda mencurigai bahwa coupe sport dua tempat duduk Anda adalah bagian dari penarikan kembali, jangan ragu untuk menghubungi dealer Anda untuk mengonfirmasi. Pemberitahuan langsung kepada pemilik akan dilakukan pada 4 Januari 2021.

Sudah hampir setahun sejak penarikan terakhir yang melibatkan Supra dan Z4. Pada bulan September 2019, penarikan kembali yang melibatkan 7 Supra dilakukan karena cacat pemasangan loop sabuk pengaman. Bulan berikutnya terjadi penarikan kembali hampir semua BMW, bersama dengan beberapa unit Rolls-Royce dan Supra, karena masalah kamera cadangan. Di penghujung tahun 2019, sebanyak 245 unit Z4, 3 Series, dan Supra ditarik kembali karena kerusakan lampu depan.



Simak Video "Alasan Toyota Recall Mobil Innova dan Fortuner"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)