Jumat, 11 Sep 2020 13:54 WIB

Wus.. Lamborghini Aventador Tembus 10.000 unit, Intip Perjalanannya

Ridwan Arifin - detikOto
Lamborghini Aventador S Roadster sudah meluncur di Indonesia pada ajang IIMS 2018. Berwarna kuning, mobil seharga Rp 18 miliar ini terlihat seksi dan eksotis. Lamborghini Aventador Foto: Rengga Sancaya
Sant'Agata Bolognese -

Lamborghini merayakan produksi Aventador ke-10.000 unit di pabriknya Sant'Agata Bolognese, Italia, Kamis (10/9). Pencapaian itu didapat perusahaan berlogo banteng Italia ini sejak Aventador diluncurkan 9 tahun yang lalu.

Lamborghini yang diproduksi ke-10.000 ini adalah Aventador SVJ Roadster dengan kelir abu-abu (Grigio Acheso) dibalut grafis merah (Rosso Mimir), dan kostumisasi di bagian interior dengan balutan kombinasi warna merah --Rosso Alala-- dan hitam. Mobil ini bakal dikirim untuk konsumen di Thailand.

Sembilan tahun sejak diluncurkan ada beragam Lamborghini yang diluncurkan, apa sajakah itu?

Lamborghini Aventador memulai debutnya pada tahun 2011 yang dikenal sebagai Aventador LP 700-4. Mesin berperforma tinggi V12 dibenamkan yang sanggup memuntahkan tenaga sebesar 700 HP (515 kW) di 8.250 rpm. Mobil ini sanggup melesat dari titik nol hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 2,9 detik dan mencapai kecepatan maksimal 350 km/jam.

Lamborghini AventadorLamborghini Aventador produksi ke 10 ribu unit Foto: Lamborghini

Kemudian di tahun 2012, Lamborghini mempersembahkan versi roadster. Pada rentang tahun yang sama, Aventador J diluncurkan sebagai sportcar atap terbuka dalam ajang Geneva Motor Show.

Automobili Lamborghini meluncurkan Aventador Miura Homage di tahun 2016, mobil ini dibuat terbatas hanya 50 unit. Edisi ini sengaja diluncurkan untuk memberi penghormatan kepada Miura.

Tahun 2016 juga menjadi saksi kelahiran Aventador S, mobil sportcar dengan tenaga 40 HP yang lebih besar dari Aventador versi sebelumnya. Ini berkat mesin naturally-aspirated 12 silinder 6.5 liter yang sanggup memuntahkan tenaga 740 HP.

Dua tahun kemudian, Lamborghini Aventador SVJ diperkenalkan. SVJ merupakan akronim dari Superveloce, dan "J" adalah singkatan dari "Jota", yang menunjukkan keunggulan mobil di trek dan dalam hal performa. Model ini paling terkenal sebab telah mencetak rekor putaran di Nurburgring Nordschleife dengan jarak rekor 20,6 km hanya dalam 6 menit 44,7 detik. Produksi SVJ dibatasi hingga 900 unit.



Simak Video "Terbakar! Penumpang Lamborghini Berhamburan "
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com