Jumat, 23 Agu 2019 14:02 WIB

Jokowi Pakai Mercy, Menterinya Naik Toyota Crown Terbaru

Dina Rayanti - detikOto
Toyota Crown. Foto: Toyota
Jakarta - Presiden Joko Widodo akhirnya berganti mobil dinas usai lima tahun menggunakan Mercedes-Benz S 600 Guard keluaran tahun 2008 warisan dari mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Selain Jokowi, para menteri yang membantunya pun dibekali mobil baru.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Sekretariat Negara, 101 unit Toyota Crown 2.5 HV G-Executive disiapkan sebagai kendaraan Menteri Anggota Kabinet Kerja, Pejabat Setingkat Menteri, Pimpinan Lembaga Negara, Mantan Presiden, dan Mantan Wakil Presiden.


Mobil tersebut bakal disediakan oleh PT Astra International Tbk TSO (Toyota Sales Operation) yang diketahui menang tender Lelang Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). PT Astra International Tbk TSO diketahui memberikan harga penawaran Rp 147.229.317.000 dan diputuskan menjadi pemenang. Astra International berhasil menjadi pemenang usai menyingkirkan 40 peserta lainnya.

Mobil dinas baru para menteri dirasa perlu mengingat kondisinya sudah cukup berumur dan beberapa kali mengalami kerusakan.

Foto: Toyota


"Kendaraan yang saat ini digunakan para Menteri Anggota Kabinet Kerja, Pejabat Setingkat Menteri, Pimpinan Lembaga Negara, Mantan Presiden, dan Mantan Wakil Presiden mayoritas telah berusia lebih dari 10 tahun, berdasarkan pertimbangan teknis antara lain faktor keamanan, keandalan, dan efisiensi atas biaya pemeliharaan yang semakin mahal karena usia pemakaian, perlu dilakukan pergantian," tulis laman Setneg seperti dikutip detikcom, Jumat (23/8/2019).


Di Jepang, Toyota Crown terbaru telah meluncur sejak Juni 2018. Ada beberapa pilihan mesin pada Toyota Crown, yaitu 2.5 liter dengan teknologi Dynamic Force Engine Hybrid System, 3.5 liter V6 dengan teknologi Multi-stage Hybrid System, dan mesin 2.0 liter turbo.

Untuk menteri dan pejabat setingkat dipilih Crown bermesin 2.5 L hybrid yang memiliki efisiensi bahan bakar hingga 24 km/liter. Dalam situs resmi Toyota untuk tipe 2.5 HV G-Executive memiliki banderol harga 6.323.400 atau kalau dirupiahkan setara Rp 844 jutaan.

Simak Video "Pimpinan DPR-MPR Sudah Gunakan Mobil Dinas Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com