Jumat, 17 Mei 2019 13:26 WIB

Niat Pemerintah Thailand, Ubah Mobil Bekas Jadi Mobil Listrik

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Reuters Foto: Reuters
Bangkok - Mobil listrik dibutuhkan untuk memerangi polusi udara dan pemanasan global. Berbagai negara di dunia pun sedang menuju ke era kendaraan bertenaga listrik. Sebab, kendaraan listrik ini tidak mengeluarkan emisi seperti kendaraan bermesin bakar.

Soal mobil listrik, pemerintah Thailand punya cara unik untuk mengembangkannya. Negeri Gajah Putih itu tidak ingin menunggu lama pabrikan otomotif menjual mobil listrik baru di sana.



Alih-alih menunggu mobil listrik baru dari pabrikan, pemerintah Thailand melalui Otoritas Pembangkit Listrik Thailand (Egat) yang dikelola pemerintah, berencana mengembangkan kendaraan listrik sendiri. Mereka akan menggunakan mobil bekas sebagai cangkang mobil listrik yang dikembangkannya.

Diberitakan Bangkok Post, Egat akan memodifikasi mobil bermesin bakar bekas menjadi mobil listrik. Rencananya, mobil bekas yang disulap jadi mobil listrik itu akan dijual pada tahun depan di sana. Akan ada masa percobaan untuk menentukan biaya modifikasi.

Asisten Gubernur untuk penelitian, inovasi dan pengembangan bisnis, Jiraporn Sirikum mengatakan, organisasi tersebut bekerja sama dengan Badan Pengembangan Sains dan Teknologi Nasional. Pada tahap awal, mereka akan memodifikasi tiga mobil bekas, yaitu Toyota Vios, Honda Jazz dan Nissan Almera untuk uji coba. Mesin bakar ketiga mobil bekas tersebut ditanggalkan, motor listrik dan baterai sebagai gantinya.



"Biaya untuk memodifikasi mobil bekas diperkirakan sekitar 300.000 baht (Rp 130 jutaan) untuk memasang komponen kendaraan listrik yang vital seperti baterai lithium-ion dan motor listrik," kata Jiraporn.

Menurutnya, kendaraan listrik hasil modifikasi mobil bekas ini jauh lebih murah dibanding kendaraan listrik baru.

Tujuan proyek perombakan mobil bekas menjadi mobil listrik ini adalah untuk meningkatkan pemakaian kendaraan listrik di Thailand secara cepat, daripada menunggu peluncuran kendaraan listrik oleh pabrikan otomotif. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed