Kamis, 17 Jan 2019 15:23 WIB

Mercy: DP 0% Untungkan Konsumen

M Luthfi Andika - detikOto
Mercedes-Benz Foto: M Luthfi Andika Mercedes-Benz Foto: M Luthfi Andika
Yogyakarta - Pemerintah sudah menerapkan down payment (DP) nol persen pembelian kendaraan. Tapi bagaimana pendapat produsen mobil premium ya? Siapa yang sangka, produsen mobil premium seperti Mercedes-Benz menyambut baik kabar tersebut.

Seperti yang disampaikan President & CEO PT. Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Roelof Lamberts, di Yogyakarta.



"Tentu pada akhirnya lembaga keuangan di sini yang akan berperan, ini sangat jelas. Tapi kebanyakan orang bicara, saat ini saya tidak punya uang dan ada keperluan lainnya (saat ingin membeli mobil-Red), saya ingin membeli rumah dan lain-lain," katanya.

"Tapi saya mampu membayar tiap bulannya Rp 50 juta. Dan mereka akan senang tidak perlu membayar 25 persen dari harga di awal (buat membayar DP). Untuk konsumen ini sangat bagus," tambahnya.

Roelof mengatakan hingga saat ini Mercedes-Benz belum ada pembicaraan lanjut dengan leasing atau lembaga pembiayaan mereka.



"Saya belum bicara mengenai hal ini dengan lembaga pembiayaan. Tapi jika perusahaan leasing melakukan ini, perusahaan harus sehat, untuk bisa menerapkan nol persen," ujarnya.



Meski demikian, langkah pemerintah Indonesia ini bisa saja meningkatkan penjualan kendaraan di Indonesia.

"Apakah membuat penjualan bakal meningkat? Ya saya percaya itu bisa meningkat. Maksud saya, konsumen bisa memiliki kemudahan, tapi tentu lembaga pembiayaan harus benar-benar siap,"katanya.

"Pabrikan Jepang menilai, tidak terlalu antusias. Saya juga, tapi jika saya menjadi konsumen ini sangat menguntungkan. Tapi jika saya menjadi bank, saya harus memiliki list (konsumen-Red) untuk keamanan. Dan harus memastikan semuanya berlangsung baik. dan kredit cek harus lebih ketat. Agar semuanya bisa berlangsung dengan baik," ujar Roelof. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com