Mendulang Cuan dari Pameran Otomotif Pertama di Tengah Pandemi

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 28 Apr 2021 09:49 WIB
IIMS Hybrid 2021
IIMS 2021. Foto: Dok. Dyandra Promosindo
Jakarta -

Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 menjadi pameran otomotif pertama di Indonesia sejak pandemi COVID-19. Tahun lalu, tak ada pameran otomotif karena pandemi COVID-19. Akhirnya pada April 2021 ini IIMS kembali digelar.

IIMS Hybrid 2021 diselenggarakan secara hybrid, yakni offline di JIExpo, Kemayoran, Jakarta atau online di website resmi IIMS. Pengunjung offline memang tak sebanyak IIMS tahun-tahun sebelumnya karena ada pembatasan orang. Tapi, IIMS Hybrid 2021 ini setidaknya membawa angin segar bagi industri otomotif.

Terbukti, berdasarkan data yang terlapor, IIMS Hybrid 2021 berhasil meraih transaksi lebih dari Rp 1 triliun, tepatnya Rp 1.004.681.580.853. Total pemesanan kendaraan di IIMS sebanyak 2.580 unit. IIMS Hybrid 2021 berhasil menyedot total pengunjung offline sebanyak 100.074 pengunjung selama 11 hari.

Beragam merek otomotif yang meramaikan IIMS melaporkan hasil penjualan di gelaran itu. Apa saja dan berapa banyak penjualannya?

Toyota

Selama pameran IIMS Hybrid 2021, Toyota membukukan total surat pemesanan kendaraan (SPK) sebanyak 1.012 unit. Angka itu berasal dari pemesanan secara offline sekitar 58% dan sisanya secara online 42%.

Toyota Kijang Innova menjadi kontributor utama SPK Toyota yaitu sebesar 25,4%, lalu diikuti oleh Avanza sebesar 22,6%, Rush sebesar 14,7%, dan Fortuner sebesar 13%, serta sisanya berasal dari berbagai model dari semua segmen baik sedan, hatchback, MPV, SUV, maupun commercial vehicle.

"Kami bersyukur di tengah kondisi yang challenging seperti saat ini, partisipasi Toyota di IIMS 2021 dapat berjalan dengan baik. Partisipasi di IIMS kali ini dilakukan dengan pendekatan secara hybrid yang menggabungkan konsep offline dan online, yang diharapkan tidak hanya melayani kebutuhan mobilitas masyarakat, namun juga ikut membantu roda perekonomian Indonesia dari sisi industri otomotif dan value chain," kata Susumu Matsuda, President Director PT Toyota-Astra Motor.

Mitsubishi

Selama periode IIMS Hybrid 2021, Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sebagai APM Mitsubishi membukukan angka pesanan kendaraan (SPK) sebanyak 980 unit. Hal itu diklaim telah melebihi target yang ditetapkan, yaitu 600 unit.

Pesanan kendaraan di booth Mitsubishi Motors IIMS Hybrid 2021 didominasi oleh model Xpander (termasuk Xpander Cross) dengan kontribusi lebih dari 58%, disusul oleh New Pajero Sport dengan kontribusi lebih dari 35% dari total SPK yang diterima MMKSI pada event ini. Sedangkan lebih dari 5% lainnya berasal dari model Triton, Outlander PHEV dan Eclipse Cross.

"Kesuksesan pelaksanaan event dan capaian MMKSI pada event IIMS Hybrid, menjadi semangat bagi kami untuk terus memberikan layanan terbaik kepada pelanggan di keseluruhan proses kepemilikan kendaraan. Kami optimis segmen dan penjualan otomotif akan terus pulih bertumbuh dengan bergulirnya inisiatif, kontribusi dan trobosan positif dari berbagai kalangan," kata Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI.