Tesla Rilis Data Rem Mobil Wanita yang Protes di Pameran Otomotif

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 30 Apr 2021 08:02 WIB
Wanita Ini Demo di Atas Mobil Display Tesla di Pameran, Protes Mobilnya Bermasalah
Wanita ini protes di atas mobil display Tesla saat pameran Shanghai Auto Show Foto: Twitter @plenttioo
Jakarta -

Tesla Inc merilis data log kecelakaan mobil milik Zhang Yazhou, perempuan yang protes saat gelaran Shanghai Auto Show. Kala itu Zhang Yazhou bilang bahwa Tesla Model 3 miliknya mengalami kerusakan pada rem.

Tidak dijelaskan secara pasti masalah rem apa yang dialaminya. Yang jelas, wanita tersebut berhasil mencuri perhatian dunia, ia melakukan protes di pameran otomotif skala internasional, Shanghai Auto Show.

Dia naik ke atas mobil pajangan Tesla di pameran sembari meneriakkan, "Rem Tesla mengalami kehilangan kendali". Aksi protesnya direkam pengunjung, dan menjadi viral di media sosial.



Dikutip dari Bussiness Time, Tesla kemudian merilis data log kecelakaan mobil Tesla Model 3 yang dikemudikan ayah Zhang Yazhou.

Tesla Model 3 yang dikemudikan ayah Zhang Yazhou saat itu melaju pada kecepatan 118,5 km per jam sebelum tabrakan. Mobil kemudian melambat menjadi sekitar 48,5 km/jam setelah rem diinjak. Data yang dirilis menurut Tesla bahwa rem bekerja dengan semestinya.

Data lain juga menunjukkan bahwa ayah Zhang Yazhou telah melakukan pengereman selama 40 kali dalam rentang waktu 30 menit sebelum kecelakaan terjadi. Pada beberapa titik, Tesla Model 3 dikemudikan dengan kecepatan lebih dari 100 km/jam.

Sementara itu Zhang percaya Tesla sudah memanipulasi data mobilnya untuk menutupi jejak kegagalan rem. Namun Tesla mengklaim hal itu tidak mungkin terjadi karena data di Tesla Model 3 direkam menggunakan teknologi enkripsi, tidak bisa diubah atau dihapus.

Tesla membalas klaim Zhang dengan data mentah bahwa pengemudi tidak mengoperasikan mobil pada batas kecepatan yang ditentukan.

Tesla menambahkan bahwa pihaknya sangat mengutamakan hak konsumen. Bahwa mereka menawarkan beberapa solusi dalam negosiasi sebelumnya dengan pemilik mobil yang bermasalah tersebut. Namun, pemilik Tesla ini bersikeras untuk mengembalikan mobil tersebut. Tesla bahkan mengusulkan agar kendaraan tersebut diperiksa oleh pihak ketiga tetapi pemiliknya menolak.



Simak Video "Elon Musk Umumkan Peluncuran Tesla Bot Tahun Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)