Viral Truk Mundur Hingga Bikin Lampu Jalan Roboh, Kok Bisa?

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 27 Nov 2020 15:18 WIB
Truk mundur hingga menghantam lampu jalan
Truk meluncur mundur hingga menghantam lampu jalan Foto: Screenshot Instagram @warung_jurnalis
Jakarta -

Video sebuah truk mundur hingga menabrak lampu jalan viral di media sosial. Kejadiannya disebut-sebut berlokasi di dekat SPBU Panundan, Batang, Jawa Tengah. Apa penyebab truk mundur tersebut?

Dalam video yang dibagikan akun instagram @warung_jurnalis, Kamis (26/11/2020). Truk diduga tidak kuat nanjak hingga akhirnya mundur, dan lajunya berhenti usai menghantam lampu jalan.

"Detik-detik sebuah truk sarat muatan tak kuat menanjak dan mundur menabrak tiang . TRUK GAK KUAT NANJAK MUNDUR KENCANG TABRAK TIANG," tulis caption dalam video tersebut seperti dillihat detikcom, Jumat (27/11/2020).

[Gambas:Instagram]



"Kronologi kurang jelas entah itu mogok di tengah lupa Handrem atau apa yg jelas itu glundung dan membahayakan penguna lain," sambungnya.

Saat dikonfirmasi detikcom, PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) mengatakan perlu investigasi lebih lanjut penyebab mundurnya truk tersebut.

"Susah untuk menentukan kemungkinannya karena itu banyak faktornya, dan data yang saya punya cuma video," kata Product Division Head PT HMSI Prasetyo Adhi Yudho.

Hal senada juga diungkapkan oleh Promotion & Public Relations Department Head PT Hino Motors Sales Indonesia Ardiyasa Dwisaputra.

"Perihal tersebut kita juga sedang mengumpulkan informasi juga nih," singkatnya.

Dari kacamata keselamatan berkendara ada banyak faktor yang bisa menyebabkan truk mundur, dari beban muatan, kondisi rem, hingga kemampuan mengemudi.

"Pada video tersebut memang pengemudi melakukan tindakan antisipasi saat kendaraan tersebut rusak di kondisi jalan menanjak," kata Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana saat dihubungi detikcom, Jumat (27/11/2020).

Ada beberapa faktor penyebab yang harus dihindari agar kejadian truk mundur tidak kembali berulang.

"Jangan hanya mengandalkan sisi operasionalnya saja tapi juga defensive," kata Sonny.

"Muatan jangan overload, dan lakukan momentum dengan pas di tanjakan sesuai dengan power truk-nya, karena ketika terjadi gagal menanjak karena overload, engine off dan missgear, maka truk akan meluncur."

"Kalau sudah mundur maka susah untuk mengontrolnya, karena menghidupkan engine truck yang mati butuh waktu, sementara rem tidak akan bekerja ketika mesin mati, yang terjadi pengemudi akan panik dan kecelakaan," pungkas Sonny.



Simak Video "Detik-detik Tabrakan Truk Vs Truk di Tasik yang Tewaskan Satu Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)