ADVERTISEMENT

Terasa Makin Macet? Jangan Heran, 500 Ribu Mobil Lewat Tol Dalkot Tiap Hari

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 29 Jul 2022 06:46 WIB
Pemerintah memastikan PPKM tetap diperpanjang di Indonesia. Ruas Tol Dalam Kota mengarah ke Cawang, Jakarta terpantau macet sore ini.
Kepadatan di Tol Dalam Kota (A.Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Lalu lintas di Jakarta terasa kembali normal seperti sebelum pandemi COVID-19. Buktinya, volume kendaraan di jalan tol pun meningkat.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat peningkatan volume Lalu Lintas Harian Rata-Rata (LHR) jalan tol Jasa Marga Group di seluruh Indonesia sebesar 19,03% pada periode Semester 1 Tahun 2022 dibandingkan dengan LHR periode Semester 1 Tahun 2021. Semester I tahun lalu, volume lalu lintas harian hanya 2,7 juta, kini meningkat menjadi 3,25 juta kendaraan tiap harinya.

Menurut Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mobilitas masyarakat beranjak pulih. Di tengah kondisi ekonomi Indonesia yang terus bangkit dan beranjak pulih dari pandemi, mobilisasi masyarakat menjadi katalis positif terhadap peningkatan volume lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group.

"Jika dibandingkan dengan LHR sebelum pandemi yang tercatat sebanyak 3,4 juta kendaraan, maka dapat disimpulkan LHR di sepanjang Semester I Tahun 2022 ini sudah sangat mendekati volume lalu lintas normal sebelum pandemi. Salah satu faktor peningkatan LHR di Semester 1 2022 adalah diberlakukannya kebijakan mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 H dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Jasa Marga mencatat volume lalu lintas periode arus mudik (H-7 s.d H2) mencapai 1,69 juta kendaraan naik 32,8% dari lalu lintas normal dan 1,78 juta kendaraan pada periode arus balik (H1 s.d H+7) naik 42,7% dari lalu lintas normal," ujar Lisye dalam keterangan tertulisnya.

Di Tol Dalam Kota, misalnya, selama periode Januari sampai Juni 2022 sebanyak 496 ribu kendaraan melewati jalan tol itu setiap harinya. Tol Dalam Kota menjadi ruas Jalan Tol Jasa Marga Group dengan LHR tertinggi pada periode Semester I 2022.

Selanjutnya, Jalan Tol Jakarta-Cikampek mencatatkan 443 ribu kendaraan/hari. Dan Jalan Tol Jagorawi dengan 388 ribu kendaraan/hari.

"Untuk mengantisipasi tren peningkatan volume lalu lintas, Jasa Marga selalu berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jalan dengan tetap menjaga pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di jalan tol. Di antaranya yaitu, memastikan pelayanan lalu lintas, pelayanan transaksi hingga pelayanan konstruksi tetap optimal, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya serta berkolaborasi dengan para stakeholder," tutup Lisye.



Simak Video "Catat! Ini Jam-jam Rawan Macet di Jakarta saat Ramadan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT