ADVERTISEMENT

Ini Mobil Paling Capek di Dunia, Sudah Jalan 5,2 Juta Km!

Doni Wahyudi - detikOto
Rabu, 27 Jul 2022 10:12 WIB
Odometer
Ilustrasi odometer mobil. Mobil dengan jumlah perjalanan paling panjang di dunia total mencapai 5 juta km (Foto: Getty Images/StephanHoerold)
Jakarta -

Terakhir kali dicek, berapa kilometer telah ditempuh mobil milik kamu, detikers? Angka di odometer mobil kalian dipastikan kalah oleh motuba Volvo yang satu ini. Tak main-main, mobil ini sudah menempuh 5 juta kilometer lebih.

Odometer umumnya kita intip jumlah angkanya untuk mengetahui jarak tempuh setelah servis terakhir. Dengan kata lain, odometer berfungsi juga sebagai pengingat kapan waktunya ke bengkel untuk melakukan servis rutin.

Dikutip dari hotcars.com, Guinness World Record mencatat ada mobil dengan jarak tempuh paling jauh di dunia. Bayangkan saja, odometer mobil itu sudah menyentuh angka 3.250.000 mil, atau setara dengan 5.230.368 (5,2 juta) kilometer!

Angka tersebut tercatat pada tahun 2018. Hanya beberapa bulan setelah rekor dunia itu tercatat, pemiliknya tutup usia.

Mobil paling 'capek' di dunia itu adalah kepunyaan Irving Gordon. Sebuah Volvo P1800 bikinan tahun 1966.

Volvo P 1800 mobil dengan total perjalanan paling jauh di dunia, angka odometernya sudah mencapai 5 juta km lebih.Volvo P 1800 mobil dengan total perjalanan paling jauh di dunia, angka odometernya sudah mencapai 5 juta km lebih. (Foto: Youtube/Hagerty)

Irving Gordon sudah tutup usia beberapa tahun lalu. Namun capaian dia bersama Volvo-nya masih terekam dalam buku rekor. Disebutkan, Irving bisa menembus jarak sejauh itu bersama mobilnya untuk membawa dia melakukan perjalanan jarak jauh ke berbagai pelosok dan wilayah Amerika Serikat.

Apa rahasia Irving bisa membuat Volvo P1800 miliknya bisa bertahan sangat lama, dan bahkan sanggup menempuh jarak total sampai 5 juta kilometer lebih?

Pada tahun 2014, Irving menyebut kalau rahasia panjang umur mobilnya adalah penggantian oli secara rutin setiap 3.000 sampai 3.500 mil (sekitar 4.800 sampai 5600 km) . Selain itu dia juga rutin dan rajin mengikuti petunjuk servis yang diberikan pabrikan saat dia membeli mobil tersebut untuk kali pertama. Termasuk mengganti pelumas transmisi setiap 25.000 mil.

Hal lain yang terasa sepele namun penting adalah, Irving selalu menjaga mobilnya dalam keadaan bersih. Mak tak mengherankan, Volvo P1800 masih terlihat dalam kondisi sangat baik. Terawat luar-dalam.

Dikutip dari everlance, salah satu perjalanan terpanjang yang dilakukan Irving adalah dari New York ke Vancouver, Kanada. Ketika itu dia memilih melakukan perjalanan darat untuk melakukan wawancara terkait mobilnya yang legendaris itu.



Simak Video "Asyik! Volvo Akan Comeback ke Indonesia dan Siap Jual Mobil Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT