Catat, Polisi Bakal Terapkan Sistem Ganjil Genap di Puncak

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 14 Mei 2022 13:37 WIB
Jalur Pantura Karawang menuju Jakarta terpantau padat kendaraan di puncak arus balik lebaran 2022. Antrean panjang kendaraan terlihat di jalur itu. Ini fotonya.
Ilustrasi jaur puncak Foto: ANTARA FOTO/Muhamad Ibnu Chazar
Jakarta -

Akhir pekan ini masyarakat berkesempatan menikmati libur panjang, sebab pada Senin (16/5/2022) merupakan libur nasional memperingati Hari Raya Waisak 2566 BE. Bagi masyarakat yang ingin berlibur ke kawasan Puncak, polisi telah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas.

Rencananya, rekayasa lalu lintas yang diterapkan kepolisian jelang libur akhir pekan panjang atau long weekend adalah sistem ganjil genap. Hal ini diterapkan guna mencegah kepadatan masyarakat yang ingin berlibur ke kawasan Puncak.

"Gage (ganjil genap) tadi sore kita sudah melaksanakan kembali. Nanti rencana malam juga kita laksanakan. Besok pagi juga sama, pagi gage sambil melihat situasi arus kendaraannya," kata Kanit Turjawali Satlantas Polres Bogor, Ipda Ardian Novianto dalam keterangan resmi.

Selain itu, polisi juga terus memantau arus lalu lintas di jalur Puncak selama long weekend. Apabila situasinya volume kendaraan mulai meningkat dan sudah terjadi kepadatan di sejumlah titik, polisi akan memberlakukan satu arah atau one way, baik ke arah Jakarta maupun Puncak.

"Apabila memang meriah, ya kita akan laksanakan one way, gitu aja," jelasnya.

Jalur Puncak Bogor macet pagi iniJalur Puncak Bogor macet pagi ini Foto: dok. Istimewa

Lebih lanjut, Ardian mengatakan jika penerapan ganjil genap ini berlaku hingga Senin (16/5/2022) yang berarti diterapkan sampai masa liburan panjang selesai. Langkah ini dilakukan untuk mencegah kepadatan masyarakat yang hendak menuju Jakarta usai berlibur.

"Pelaksanaan ganjil genap akan dilakukan hingga Senin (16/5). "Iya (Senin gage masih terus diterapkan)," tutur Ardian.

Ardian memprediksi, lonjakan kendaraan yang hendak menuju Puncak terjadi hingga Minggu (15/5/2022). Pihak kepolisian juga telah menyiapkan sejumlah personel untuk mengamankan berbagai titik di jalur Puncak.

"Personel hari ini sudah ada 68 tadi yang sudah kita libatkan. Besok kurang lebih ada 80-an personel," paparnya.



Simak Video "Jumat Sore, Polisi Mulai Berlakukan Ganjil-Genap di Simpang Gadog"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/lth)