Hyundai Gandeng Iveco, Bakal Kembangkan Truk dan Bus Listrik

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Kamis, 10 Mar 2022 09:32 WIB
The logo of Hyundai Motor is seen on a glass door at a dealership in Seoul on October 26, 2016.
South Koreas Hyundai Motor on October 26 announced a sharp fall in profits for a third quarter, hit by lengthy industrial action that also took a toll on the national economy.  / AFP PHOTO / JUNG YEON-JE
Hyundai menjalin kerjasama dengan Iveco mengembangkan truk dan bus listrik (Foto: AFP PHOTO / JUNG YEON-JE)
Jakarta -

Hyundai secara resmi mengumumkan telah menjalin kemitraan dengan pabrikan otomotif asal Italia, Iveco Group. Dari hasil kerja sama ini kedua perusahaan rencananya bakal mengembangkan kendaraan bertenaga listrik, khususnya bus dan truk.

Dilansir dari Reuters, Hyundai dan Iveco telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) pada Senin (7/3/2022) waktu setempat. Penandatanganan nota kesepahaman itu jadi langkah awal kedua perusahaan untuk mengembangkan sejumlah teknologi dan platform bagi kendaraan di masa depan.

"Fokus kami yang akan menjadi kepentingan bersama adalah mengembangkan powertrain listrik dan berbagai platform seperti sistem sel bahan bakar, kendaraan otonom, serta konektivitas untuk kendaraan komersial," kata Iveco dalam pernyataan resminya.

Selain itu, tujuan Hyundai dan Iveco dalam kerja sama ini adalah mengembangkan kendaraan komersial secara global. Kedua perusahaan juga bakal memproduksi komponen dan suku cadang di dalam pabrik.

Mengandalkan teknologi dan platform yang dikembangkan bersama, diyakini kedua perusahaan akan meluncurkan kendaraan komersial bertenaga listrik hingga otonom dalam beberapa tahun mendatang. Khususnya untuk kendaraan seperti bus dan truk milik Iveco yang sudah banyak digunakan di kawasan Eropa.

Ini bukan kali pertama Iveco menjalin kerja sama dengan perusahaan otomotif ternama. Sebelumnya, produsen truk dan bus asal Turin, Italia, itu juga sudah menjalin kemitraan dengan perusahaan asal Amerika Serikat, Nikola. Sedikit informasi, Nikola adalah perusahaan otomotif yang fokus dalam mengembangkan truk bertenaga listrik.

Kedua perusahaan ini telah menjalin kerja sama pada September tahun lalu dan mulai melakukan pengembangan di pabrik Ulm, Jerman. Iveco dan Nikola akan mengembangkan kendaraan komersial seperti truk dengan mengusung tenaga listrik dan hidrogen.

Meski Iveco baru saja menjalin kerja sama dengan Hyundai, salah satu juru bicara pihak Iveco mengungkapkan jika hal tersebut tidak akan mempengaruhi kemitraan dengan Nikola yang telah berjalan selama beberapa bulan terakhir.



Simak Video "Tok! Hyundai Tak Lagi Produksi Mobil Listrik Ioniq"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)