ADVERTISEMENT

Bocoran Harga Hyundai Ioniq 5 di Indonesia

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 08 Mar 2022 07:04 WIB
Hyundai Ioniq 5
Hyundai Ioniq 5 Foto: Ridwan Arifin
Jakarta -

Hyundai Ioniq 5 jadi salah satu mobil listrik yang akan diproduksi PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) di Cikarang, Jawa Barat. Nah, Hyundai Ioniq 5 juga sudah terdaftar dalam harga Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Samsat DKI Jakarta.

Dikutip dari Samsat PKB Jakarta, ada dua model yang ditawarkan yakni Ioniq 5 all wheel drive dengan NJKB Rp 473 juta, dan Ioniq 5 2WD nilai NJKB Rp 450 juta.

Harga tersebut tidak jauh berbeda dengan NJKB Kona EV, yakni Rp 488 juta. Sementara itu, Kona Electric saat ini memiliki harga jual Rp 734,9 juta.

Seperti diketahui Menteri Perindustrian memberikan apresiasi kepada PT. Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) yang akan menjadi perusahaan industri otomotif pertama di Indonesia yang melakukan proses produksi kendaraan listrik pada Maret 2022. Pada tahap awal, HMMI akan memproduksi 1.000 unit kendaraan listrik per tahun, salah satunya Ioniq 5.

"Ioniq 5 akan diproduksi, ya akan diproduksi (di Indonesia) tahun ini. Cuma bulannya berapa, tunggu info dari kami," ujar Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Makmur, kepada wartawan di Deltamas Cikarang, Bekasi, Kamis (13/1/2022).

Hyundai bakal menggunakan platform Electric Global Modular Platform (E-GMP) untuk membangun mobil listrik. Salah satu produk yang sudah dibangun di atas E-GMP adalah Hyundai Ioniq 5,

Platform E-GMP ini diciptakan Hyundai Motor Group yang direncanakan bakal digunakan pada 23 model kendaraan listrik baru pada tahun 2025, dan akan memasok lebih dari 1 juta unit kendaraan listrik.

Ioniq 5 telah mencuri perhatian sejumlah calon konsumen yang ingin membeli mobil listrik. Salah satu keunggulan dari SUV listrik ini adalah mampu ngecas dari 10 sampai 80 persen dalam waktu 18 menit saja.

Selain itu, Hyundai juga dikabarkan bakal meningkatkan kapasitas baterai pada Ioniq 5. Saat ini mobil tersebut tersedia dalam pilihan baterai 72,6 kWh dan rencananya bakal ditingkatkan menjadi 77,4 kWh.

Hal ini membuat Hyundai Ioniq 5 mampu menempuh jarak lebih jauh lagi. Awalnya, mobil EV tersebut mampu menempuh perjalanan 423 km, kini Ioniq 5 diklaim bisa menjangkau jarak 480 km sampai 490 km dalam sekali pengisian daya baterai.



Simak Video "Mobil Bensin Bisa Ditekan Emisinya, Masih Butuh Mobil Listrik?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT